Salah satu peserta yang tampil dalam bidang Muhafadloh

Salah satu peserta yang tampil dalam bidang Muhafadloh

Langitan- Jum’at (24/5/2013) setelah selesai upacara pembukaan pada malam harinya, kali ini saatnya para peserta M2QK tampil dalam perlombaan. Sekitar pukul 08:00 WIS. lomba tersebut dimulai. Ada lima Majelis (tempat) yang disediakan dalam lomba tersebut. Kesemuanya diisi oleh para peserta sesuai dengan angkatan kelas yang telah ditentukan.

Dalam konsepnya, untuk kategori Baca Kitab peserta harus mengambil undian berisi makro’ yang akan dibaca didepan dewan juri. Selanjutnya mereka akan diberi beberapa pertanyaan seputar Nahwu, Tashrif, Nadhom, terjemah, pemahaman dan lain lain. kitab yang dibaca adalah Taqrib untuk kelas satu Tsanawiyah, Fathul Qorib untuk kelas II dan III Tsanawiyah dan beberapa kitab lain sesuai dengan kitab yang diajarkan di tiap kelas.

Sedangkan untuk kategori Muhafadhoh, fasal yang harus dihafalkan sesuai dengan ketentuan juri. peserta kemudian akan diberi beberapa pertanyaan mengenai maksud dari nadhom yang ia hafalkan. Adapun kitab nadhom yang dikompetisikan adalah Imrithi dan Maqsud untuk kelas I Tsanawiyah, alfiyah untuk kelas II dan III Tsanawiyah dan beberapa kitab lain sesuai dengan tingkatan kelas.

Perlobaan ini berlansung sampai pukul 11:00 WIS dan dilanjutkan kembali seusai shalat Jum’at. Bahkan setelah Jama’ah Ashar pun masih ada sebagian Majelis yang belum selesai. Barulah seusai jamaah Isya’ digelar babak Final untuk tiga peserta terbaik dalam babak penyisihan sebelumnya. Dalam babak final ini para peserta kembali bertanding untuk memperoleh juara pertama yang akan menambah poin bagi Ribath mereka agar menjadi juara umum.

Sekitar pukul 01:00 WIS. Perlombaan tersebut berakhir dengan upacara penutupan yang disak sikan oleh para santri. Selain itu di hari yang sama Musabaqoh Muhafadloh Qiro’atil Kutub (M2QK) ini juga di gelar di Madrasah Putri Al Mujibiyah Langitan. Hanya saja untuk pembukaanya di laksanakan pada Jum’at pagi. Para peserta juga antusias untuk bersaing dalam perlombaan ini. Semoga dengan adanya perlombaan semacam ini bisa menghimbau para santri agar semakin semangat dalam belajar.