PP. Langitan Kembali Adakan Perlombaan M2QK

Penulis : Tim Admin

November 25, 2023

Foto: Agus Zahid Hasbullah membuka perlombaan M2QK pada Kamis, (23/11/23) di Halaman Madrasah Al-Falahiyah.

Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan para santri, Pondok Pesantren Langitan kembali mengadakan perlombaan Musabaqah Muhafadzah Qiroatul Kutub (M2QK) di Halaman Madrasah Al-Falahiyah pada Kamis, 23-24 November 2023.

M2QK sendiri merupakan perlombaan yang digelar setiap 2 tahun sekali di PP. Langitan dan diikuti oleh peserta dari perwakilan tiap-tiap asrama. Ada dua kategori yang dilombakan, yakni hafalan dan baca kitab.

Ajang perlombaan tersebut diawali dengan Grand Opening M2QK pada Kamis malam, (23/11/23). Diisi dengan pembukaan, sambutan-sambutan, dan kirab para peserta, seremoni itu turut dihadiri oleh Majelis Masyayikh, Asatidz, dan seluruh santri.

Grand Opening dibuka dengan bacaan surat Al-Fatihah oleh KH. Abdurrahman Faqih, lalu sambutan atas nama Idaratil Ammah PP. Langitan oleh Ust. Muhammad Anshori, dan sambutan dari ketua panitia M2QK oleh Ust. Nashir. Setelah itu, acara dilanjut dengan kirab para peserta M2QK dan kemudian ditutup dengan Mauidhatul Hasanah oleh Agus Muhammad Zahid Hasbullah.

Dalam mauidhahnya, Agus Zahid menyampaikan bahwa di dalam M2QK ini ada beberapa hikmah, yaitu agar para santri dapat memiliki semangat untuk meningkatkan kemampuannya dalam membaca kitab dan hafalannya.

“Di dalam adanya M2QK ini bermaksud agar para santri memiliki semangat untuk meningkatkan kemampuannya, khususnya di dalam membaca kitab dan hafalan, sebab ini menjadi suatu keniscayaan di pondok pesantren manapun akan pentingnya dapat membaca kitab,” terang beliau.

Foto: Rabbani Zada, salah satu santri asal Lamongan yang menjadi peserta perlombaan M2QK sedang menjawab beberapa pertanyaan dari dewan juri.

Setelah Grand Opening, perlombaan M2QK baru dimulai pada Jumat paginya, (24/11/23). Perlombaannya menghabiskan waktu sehari semalam.

Setelah Grand Final, pemenang lomba diumumkan pada malam itu juga, dengan juara umum diraih oleh asrama Al-Hanafi. (Riy)

Foto: Agus Abdur Ra’uf memberikan penghargaan kepada Asrama Al-Hanafi yang telah menjadi juara umum dalam perlombaan M2QK kali ini, penghargaan tersebut diterima oleh pengurus asrama.

Tulisan Terkait

Kunjungan Habib Abdul Qadir Al-Jailani di Langitan

Kunjungan Habib Abdul Qadir Al-Jailani di Langitan

Habib Abdul Qadir al-Jailani bin Muhammad al-Mahdi bin Imam Abdullah bin Umar Asy-Syatiri, Mudir Rubath Tarim, Hadramaut, Yaman mengunjungi Pondok Pesantren Langitan pada Rabu, (12/6/2024) seusai jamaah shalat Asar pondok, kedatangan beliau langsung disambut keluarga...

Lauching Lajnah Falakiyah Langitan

Lauching Lajnah Falakiyah Langitan

Dalam rangka revitalisasi ilmu Falak di PP. Langitan, Departemen Pendidikan Aam Langitan me-launching Lajnah Falakiyah yang berlangsung di Gedung Idaratil Ammah pada Selasa, (4/6/24) pukul 20.00 WIB. Acara ini dihadiri oleh Ust. Agus H. Muhammad Ahmad Alawi (Wakil...

Tim Jejak Langit

Tim Jejak Langit

Tim Jejak Langit dibentuk dengan tujuan menggali sejarah dan membuka tabir cakrawala pemikiran Pondok Pesantren Langitan. Bagaimana awal lembaga ini terbentuk, siapa tokoh-tokohnya lalu bagaimana corak pemikirannya. Serta merunut  jejaring silsilah emas geneologisnya....

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Komentar

Posting Populer