Logo Haul PP. Langitan ke-52 Resmi Diluncurkan, ini Makna Filosofisnya

Penulis : admin

July 27, 2022

logo haul 52

Tidak lama lagi Haul Pondok Pesantren Langitan ke-52 akan segera digelar. Acara yang menjadi agenda tahunan tersebut selalu dinanti oleh segenap alumni dan muhibbin Pondok Pesantren Langitan. Tahun ini, acara Haul tersebut rencananya akan dilaksanakan pada hari Kamis, 8 September 2022 M atau yang bertepatan dengan 11 Shofar 1444 H.

Terkait pelaksanaan Haul tersebut, beberapa waktu lalu panitia secara resmi mengumumkan logo resmi Haul ke-52. Logo tersebut menggambarkan visual angka 52 dengan warna dominan biru dan emas.

Dengan dirilisnya logo ini, sedikit banyak telah mengobati kerinduan segenap alumni dan muhibbin akan acara haul tahunan ini. Mengingat, dua tahun belakang haul Langitan hanya digelar secara virtual.

Filosofi Logo

Logo ini juga tidak asal dibuat. Dibaliknya juga terdapat beberapa filosofi yang menjadi ruh dari bentuk visual logo. Menurutnya logo ini mempunyai 3 pondasi filosofi utama, berikut detail arti dan makna detail logo:

1.Pita Emas

Melambangkan keistimewaan, elegant, dan kewibawaan. Pita Emas juga sering digunakan dalam perayaan besar. Selain itu, penggambaran pita yang bersambung menjadi tema utama logo ini, ‘Kebersamaan dan sinergi antar santri dan alumni’.

2.Mozaik Warna-Warni Alumni

Mozaik warna-warni melambangkan Alumni; berbeda generasi, berbeda sosial namun tetap bersatu. Meski terpisah jarak dan waktu, meski berbeda dalam setiap terpaan kehidupan namun tetap kompak tak terpisahkan.

3.Warna Biru dan Emas

Warna emas memiliki makna prestasi, kesuksesan, kemewahan, kemenangan dan juga kemakmuran. Berharap dengan ridlo masyayikh, Pondok Pesantren Langitan semakin makmur, kuat dan mampu menghadapi abrasi keagamaan. Sama seperti emas dalam bentuk fisik, warnanya telah menjadi komoditas berharga dan juga prestise di setiap kalangan. Sedangkan warna biru melambangkan kepercayaan dan kesetiaan. Kesetiaan para santri dan alumni untuk terus memegang teguh ‘alaqoh syaikhiyyah.

Guratan Tangan Desainer Logo HSN

ust shofa

Logo Haul Langitan tahun ini merupakan karya dari seorang desainer asal Pati, Jawa Tengah. Beliau merupakan salah satu alumnus dan desainer senior Media Dakwah Langitan. Sosok tersebut bernama Ust. Shofa Ulul Azmi, yang sekarang juga berkiprah menjadi wakil bidang Development Project AIS Nusantara. Sosok ini tidaklah asing di kancah percaturan media pesantren nasional. Sebelumnya, ia juga telah membuat logo Hari Santri Nasional versi Kementerian Agama RI tahun 2022.

Di Langitan sendiri Ust. Shofa tercatat telah dipercaya untuk membuat 7 logo Haul Pondok Pesantren Langitan yang berbeda semenjak tahun 2011. Mulai pelaksanaan haul ke-40, 41, 42, 45, 46, 50, 51 dan terakhir haul ke-52.

Pengerjaan Singkat

Setelah berhasil redaktur hubungi, Ust. Shofa mengaku untuk pengerjaan logo Haul Langitan ke-52 tahun ini prosesnya tidak terlalu lama. Berkat kesungguhan dan wujud loyal tinggi, desain logo rampung hanya dalam kurun 3 hari. Ia mengajukan 5 opsi desain berbeda pada 8 Juli 2022, yang kemudian dua diantaranya diangkat ke meja sidang. Dua minggu berselang, logo yang mengusung tema ‘Kebersamaan dan Sinergi Antar Santri dan Alumni’ ini resmi dipilih.

Mengenai rahasia proses kreatif pembuatan logo ini, ia mengaku tidak ada ritual khusus. Sebagaimana lazimnya kegiatan seorang santri, sebelum memulai desain selalu diawali dengan kirim hadiah fatihah kepada para masyayikh. Ia menganggap permintaan ini sebagai bentuk khidmah kepada pesantren meski saat ini ia sudah berdomisili di rumah. “Pembuatan logo ini merupakan bentuk khidmah saya pada Langitan meski telah pulang ke rumah.” Tuturnya.

Faiq

Tulisan Terkait

Gebyar Sholawat Bersama di Hari Raya

Gebyar Sholawat Bersama di Hari Raya

Setelah merayakan hari raya Idul Adha dan menyembelih hewan kurban. Pondok Pesantren Langitan mengadakan Gebyar Sholawat dalam rangka hari raya Idul Adha. Acara tersebut dilaksakanan pada hari Ahad Malam, (10/07). Para santri berholawat berjubel memakai baju...

Semarak Hari Raya Idul Adha 1443 H

Semarak Hari Raya Idul Adha 1443 H

Sabtu (09/07/2022) para santri menyambut kedatangan perayaan hari raya Idul Adha dengan penuh kegembiraan. Mereka meramaikan malam penuh kemeriahan itu dengan lomba takbir keliling, yang terakhir kali diadakan pada 2017 silam. Peserta kirab takbir keliling diambil...

KH. Yahya Cholil Staquf; Pentingnya Sanad Keilmuan

KH. Yahya Cholil Staquf; Pentingnya Sanad Keilmuan

Dalam seremoni pembukaan Musyawarah Nasional (Munas) Kesan ke-5 yang digelar di halaman Madrasah al-falahiyah (27/06/22), turut hadir Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH. Yahya Cholil Staquf. Akan tetapi beliau tidak bisa menghadiri acara tersebut...

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published.

Komentar

Archives

Categories