Inilah Biografi Singkat KH. M. Syakir Ridho, MA. Ketua Umum Kesan Periode 2022-2027 M.

Penulis : admin

June 29, 2022

KH. Syakir RidhoMusyawarah Nasional (Munas) KESAN Langitan ke-5 yang dihelat Senin (27/16/22) kemarin, kembali melahirkan nama pimpinan yang sama seperti periode sebelumnya, yakni KH. Ahsan Ghozali sebagai Rais Aam dan KH M. Syakir Ridho sebagai Ketua Umum. Penetapan tersebut berdasarkan sidang pleno III yang berlangsung di arena utama Munas Kesan ke-5.

KH. M. Syakir Ridho, selaku Ketua Umum terpilih merupakan pengasuh Pondok Pesantren Nurur Rohman Sidoarjo. Sosok kiai yang juga menjadi Ketua Umum kesan periode sebelumnya (2017-2021 M) ini memang dikenal sebagai sosok kiai yang visioner dan organisatoris.

Terbukti, selama masa kepemimpinannya, Kesan mengalami banyak sekali perubahan dan kemajuan dalam bidang manajerial maupun efektivitas program. Termasuk bidang ekonomi, Kesan telah berhasil mengembangkan usaha air mineral KESAN yang sudah bisa berkembang lebih dibanding sebelumnya. Dalam bidang infrastruktur, kita juga bisa melihat megahnya Kantor pusat KESAN Langitan dan beberapa pembenahan lainnya.

Ketika wabah pandemi melanda, semua aktivitas masyarakat di berbagai sektor mengalami kesulitan. Akan tetapi walaupun begitu KESAN Langitan di bawah komando KH. Syakir Ridho pun tidak pasif menghadapi kenyataan.  Pengurus Kesan melakukan berbagai terobosan yang ikut membantu kondisi masyarakat dan santri pada umumnya. Seperti pada proses pemulangan santri di awal pandemi, Kesan juga mengambil peran penting di dalamnya. Dimana pengurus Pusat bekerjasama melalui PAC daerah terlibat membantu proses pemulangan yang sesuai dengan prosedur kesehatan.

Demikian juga terjadi saat penyelenggaraan Istihlal dan Haul dalam masa pandemi tersebut, walaupun keadaan tidak memungkinkan untuk menyelenggarakan acara. Akan tetapi acara tersebut tetap bisa dilaksanakan sekalipun hanya secara virtual.

Selama periode kepemimpinannya pula, KESAN juga berhasil menghimpun dan meresmikan berbagai Kesan berhasil mendirikan puluhan kepengurusan tingkat regional. Seperti 7 PCI, dan 23 pengurus PW, PC dan puluhan PAC yang tersebar di seluruh Indonesia.

Selain menjabat sebagai Ketua umum KESAN pusat beliau juga aktif berkhidmah di PCNU Sidoarjo, Beliau juga  merupakan seorang aktivis di LKSA (Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak) Jawa Timur dan beberapa organisasi lainnya.

Tulisan Terkait

Seminar Sosmed sebagai Bekal Santri Millenial

Seminar Sosmed sebagai Bekal Santri Millenial

Kamis-Jumat (30 Juni – 01 Juli 2022), Media Dakwah Langitan (MDL) mengadakan sebuah acara seminar tentang pemanfaatan dan edukasi sosmed di kalangan santri. Seminar yang bekerja sama dengan OSIS-ISMA Al-Falahiyah tersebut bertajuk ‘Seminar Sosmed dan Inspirasi Digital...

Sembilan Rekomendasi Munas ke-5 Kesan Langitan

Sembilan Rekomendasi Munas ke-5 Kesan Langitan

Gelaran acara Musyawarah Nasional (Munas) Kesan Langitan telah usai. Berbagai macam aspek dan problem baik itu dalam intern organisasi maupun terkait program kerja telah dibahas dalam rapat-rapat komisi.Diantara satu hal yang menjadi perhatian besar diantara berbagai...

KH. Sholeh Qosim telah Pulang ke Rahmatullah

KH. Sholeh Qosim telah Pulang ke Rahmatullah

  KH Sholeh Qosim, Pengasuh Pondok Pesantren Bahaudin Ngelom Sepanjang Sidoarjo menghadap ke Rahmatullah dengan tenang, Kamis 10 Mei 2018 sekitar pk 18.00 WIB. Almarhum dikenal sebagai ulama yang wira dan berhati-hati dalam menyikapi hukum agama Islam. Kiai...

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published.

Komentar

Archives

Categories