Tidak bisadipastikan, meskipun kelihatannya seseorang menjadi santri sejak kecil, begitu tua, akhir umurnya terkadang bisa berubah. Imannya dapat dicabut.

Itulah yang dinamakan su’ul khotimah (akhir yang buruk)

Kita harus memohon kepada Allah Swt agar terus diberikan ketetapan iman, diberikan tambah kuatnya iman, sehingga sampai meninggal kita bisa diberikan ketetapan iman.

Di antara caranya adalah melakukan apa yang bisa menyebabkan kuatnya iman:

Pertama, jangan sampai sembrono urusan shalat. Jangan sampai meninggalkan shalat.

Kedua, jangan sampai hidup kita dibuat mencari-cari kesalahan orang lain. Membuka aib orang lain.
Mencari-cari kejelekan orang lain. Itu adalah salah satu perkara yang menyebabkan su’ul khotimah. Tidak diberikan tetap imannya.

Ketiga, menghina dan merendahkan para wali, atau memusuhi para wali. Terutama para wali yang sudah diakui banyak orang tentang kewalianya.

Sumber: @mernaralangitan

View this post on Instagram

MENETAPKAN IMAN (KH. Abdullah Faqih) . Tidak bisa dipastikan, meskipun kelihatannya seseorang santri sejak kecil, begitu tua, akhir umurnya terkadang bisa berubah. Imanya dapat dicabut. . Itulah yang dinamakan su’ul khotimah (akhir yang buruk) . Kita harus memohon kepada Allah Swt agar terus diberikan ketetapan iman, diberikan tambah kuatnya iman, sehingga sampai meninggal kita bisa diberikan ketetapan iman. . Diantara carnya adalah melakukan apa yang bisa menyababkan kuatnya iman: . Pertama, jangan sampai sembrono perkara sholat. Jngan sampai meninggalkan sholat. . Kedua, jangan sampai hidup kita dibuat mencari-cari kesalahan orang lain. Membuka aib orang lain. Mencari-cari kejelekan orang lain. Itu adalah salah satu perkara yang menyebabkan su’ul khotimah. Tidak diberikan tetap imannya. . Ketiga, menghina dan merendahkan para wali, ataupun memusuhi para wali. Terutana para wali yang sudah diakui banyak orang tentang kewalianya. . #langitan #menaralangitan #santrilangitan #santriindonesia #taushiyah #dawuh #alasantri #aisnusantara

A post shared by Menara Langitan (@menaralangitan) on