Tausiah Habib Umar Al-Muthohhar: Para Masyayikh itu Shalih sekaligus Muslih

Penulis : Tim Admin

August 31, 2023

Habib Umar Al Muthohhar, Pengasuh Pondok Pesantren Al-Madinah Cepoko, Gunungpati, Semarang. (Foto: Dok Haul)

Habib Umar Al-Muthohhar Semarang dalam kesempatannya memberikan mauidhah hasanah di Haul Akbar Masyayikh PP. Langitan ke-53 menerangkan kalau para Masyayikh itu orang yang shalih sekaligus orang yang muslih.

“Para masyayikh itu, di antara yang bisa kita contoh dari mereka ini orang-orang shalih, tidak hanya shalih untuk dirinya sendiri tetapi juga muslih, bisa menjadikan orang lain menjadi shalih,” terangnya.

Pengasuh Pondok Pesantren Al-Madinah Cepoko, Gunungpati, Semarang ini lebih lanjut menyatakan kalau menjadi shalih sekaligus muslih itu susah, karena terkadang seseorang itu bisa shalih bagi dirinya sendiri, tetapi tidak bisa muslih, tidak bisa menjadikan orang lain menjadi shalih.

“Nah para Masyayikh itu shalih sekaligus bisa muslih, maka disebut istimewa. Oleh karena itu, semoga para santri yang mengirimkan doa dan ikut hadir haul ini bisa ketularan sifat tersebut, bisa shalih sekaligus muslih.” 

Habib Umar juga menerangkan hikmah seorang yang berziarah kepada orang yang shalih. Sebelumnya, Habib Umar mengatakan kenapa seseorang harus berziarah dan berkirim doa kepada orang shalih, padahal pahala mereka sudah banyak sekali, sedangkan pahala orang yang berziarah itu sangat sedikit bahkan butuh terhadap pahala tersebut.

“Kenapa kita harus berziarah dan berkirim doa kepada orang shalih padahal pahala mereka sudah banyak, hal ini menurut guru saya, Habib Ahmad bin Ali Bafaqih Jogja, karena orang yang berziarah kepada orang shalih itu diibaratkan sedang mengisi air ke dalam suatu ember yang sudah penuh airnya, maka air dari ember tersebut akan meluber dan mengenai dirinya, dalam artian pahala tersebut akan kembali kepada dirinya yang mengirim doa tadi,” jelas Habib Umar.

Oleh karena itu, lanjut Habib Umar, mari kita gemar memperbanyak ziarah dan berkirim doa kepada orang-orang shalih supaya luberan doa yang kita kirimkan semakin banyak mengalir kepada kita, sehingga menjadikan kita orang yang baik, baik secara pikiran dan hati. (Ry)

Tulisan Terkait

PP. Langitan Kembali Adakan Perlombaan M2QK

PP. Langitan Kembali Adakan Perlombaan M2QK

Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan para santri, Pondok Pesantren Langitan kembali mengadakan perlombaan Musabaqah Muhafadzah Qiroatul Kutub (M2QK) di Halaman Madrasah Al-Falahiyah pada Kamis, 23-24 November 2023. M2QK sendiri merupakan perlombaan yang...

Ziarah Maqbarah dalam Rangka Haul KH. Abdullah Faqih ke-12

Ziarah Maqbarah dalam Rangka Haul KH. Abdullah Faqih ke-12

Termasuk rangkaian dari acara haul Almaghfurlah KH. Abdullah Faqih ke-12 adalah ziarah umum bersama Majelis Masyayikh di maqbarah masyayikh pendahulu pada Senin sore, (23/10). Ziarah ini diikuti oleh Majelis Masyayikh, asatidz, pengurus pondok dan seluruh santri PP....

Khatmil Qur’an bil Ghaib Haul KH. Abdullah Faqih ke-12

Khatmil Qur’an bil Ghaib Haul KH. Abdullah Faqih ke-12

Malam peringatan Haul KH. Abdullah Faqih yang ke-12 akan diselenggarakan pada malam ini (Senin, 23/10). Salah satu rangkaian acara yang menyambut haul tersebut adalah Khatmil Qur'an bil Ghaib. Pembukaan Khatmil Qur’an bil Ghaib dimulai pada Ahad siang, (22/10) di...

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Komentar

Posting Populer