KH. Syakir Ridlo; Mukernas Sebagai Media Sinkronisasi Program Bersama

Penulis : Tim Admin

October 4, 2022

pak syakirKH. Syakir Ridlo, selaku Ketua Umum KESAN Langitan pada periode yang ke-2, memberikan sambutan dalam acara Mukernas KESAN Langitan yang melibatkan pengurus sekaligus masyayikh PonPes Langitan di gedung Dar an-Nadwah Rushaifah PonPes Mambaus Sholihin. 

Dalam sambutannya, beliau menegaskan tentang realisasi pelaksanaan program kerja. Mukernas kali ini diharapkan menjadi barometer pergerakan organisasi yang terprogram, terstruktur, tidak hanya konsep program tanpa ada realitas tapi program yang terealisasi.” Tegas beliau.

Diketahui, para ketua pada departemennya dan lajnah di bawah koordinasinya sempat mengadakan rapat untuk membahas materi yang akan dibahas dalam acara Mukernas ini. 

Rapat yang berlangsung baik melalui online, atau offline, baik secara tatap muka maupun zoom, semangat merupakan modal terpenting dalam menyiapkan program, dan program itu adalah kapan, serta siapa yang akan melaksanakan. Oleh karena itu, semangat di awal, kami harap bisa berlanjut sampai benar-benar bisa terealisasi program tersebut. Sehingga kelak ketika dalam program itu terdapat kendala dan rintangan itulah dinamika perjuangan,” urai beliau dalam menegaskan harapannya kedepan bagi keberlangsungan keanggotaan KESAN Langitan masa khidmah 2022-2027. 

Menuju dua periode, keanggotaan KESAN Langitan kini banyak diisi kader-kader muda yang memiliki talenta dan motif khidmah tinggi. Juga sebagai bentuk kepedulian, departemen-departemen di bawah naungan KESAN Langitan yang tahun lalu ada sepuluh, sekarang dibentuklah beberapa departemen baru, termasuk diantaranya advokasi. Departemen. Ini dibentuk sebagai wujud dari kepedulian KESAN Langitan yang memberikan tempat pengaduan kepada para alumni yang ketika menghadapi permasalahan hukum tidak tahu hendak lari kemana, atau mengadu pada siapa, mau minta tolong siapa. Kader muda menyandang harapan besar dari KESAN Langitan, sekaligus pembentukan KESAN pusat diharapkan agar sekretaris yang mendampingi para ketua adalah kader-kader muda yang punya waktu, yang punya kepedulian, yang punya skill khususnya dibidang IT. Dan hal ini telah terwujud. Terbukti dari lima sekretaris yang mendampingi di daerah sekitar Langitan itu memiliki skill yang baik, punya semangat yang tinggi dan keikhlasan tanpa batas, dan yang paling penting. gampang tekoan. Disamping itu, ada juga departemen Informasi dan Teknologi (IT), serta Lajnah Amil dan Zakat.

Kemudian, KH Syakir Ridlo mengungkap metode management yang diterapkan dalam periode kedua beliau. Yaitu metode kebersamaan, dan keputusan yang dipilih merupakan keputusan kolektif, bukan keputusan yang hanya dipilih oleh ketum dan sekjen, bukan hanya rois amm dan katib tetapi semuanya. Para rois dan katib diharapkan bersinergi dengan para ketua juga sekretaris di tanfidziyah. Dan kesemuanya memiliki sinergi dalam keterlibatan di dalam departemen dan lajnah. Dan program inipun juga terealisasi dengan baik. 

Mukernas inilah yang menjadi penentu atas program kerja yang akan dieksekusi oleh pihak terkait agar tidak terpapar hanya sebatas tulisan tetapi bisa dilaksanakan. Harapannya adalah, KESAN Langitan di tahun ini lebih baik, lebih sukses, dan lebih anfa’ linnas.” Pungkas beliau di akhir sambutannya.

(Ansyah)

Tulisan Terkait

Kunjungan Habib Abdul Qadir Al-Jailani di Langitan

Kunjungan Habib Abdul Qadir Al-Jailani di Langitan

Habib Abdul Qadir al-Jailani bin Muhammad al-Mahdi bin Imam Abdullah bin Umar Asy-Syatiri, Mudir Rubath Tarim, Hadramaut, Yaman mengunjungi Pondok Pesantren Langitan pada Rabu, (12/6/2024) seusai jamaah shalat Asar pondok, kedatangan beliau langsung disambut keluarga...

Lauching Lajnah Falakiyah Langitan

Lauching Lajnah Falakiyah Langitan

Dalam rangka revitalisasi ilmu Falak di PP. Langitan, Departemen Pendidikan Aam Langitan me-launching Lajnah Falakiyah yang berlangsung di Gedung Idaratil Ammah pada Selasa, (4/6/24) pukul 20.00 WIB. Acara ini dihadiri oleh Ust. Agus H. Muhammad Ahmad Alawi (Wakil...

Tim Jejak Langit

Tim Jejak Langit

Tim Jejak Langit dibentuk dengan tujuan menggali sejarah dan membuka tabir cakrawala pemikiran Pondok Pesantren Langitan. Bagaimana awal lembaga ini terbentuk, siapa tokoh-tokohnya lalu bagaimana corak pemikirannya. Serta merunut  jejaring silsilah emas geneologisnya....

PP. Langitan Kembali Adakan Perlombaan M2QK

PP. Langitan Kembali Adakan Perlombaan M2QK

Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan para santri, Pondok Pesantren Langitan kembali mengadakan perlombaan Musabaqah Muhafadzah Qiroatul Kutub (M2QK) di Halaman Madrasah Al-Falahiyah pada Kamis, 23-24 November 2023. M2QK sendiri merupakan perlombaan yang...

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Komentar

Posting Populer