Ikhtitam wa Tasyakur Kelas 3 MTsF dan 3 MAF, Menjelang Wisuda dan Haflah Akbar di Bulan Maret

Penulis : Tim Admin

February 12, 2023

Foto: Tampak KH. Abdurrahman Faqih (kiri), KH. Muhammad Faqih, KH. Ubaidillah Faqih, dan KH. Abdulloh Habib Faqih dalam acara Tasyakkuran & Ikhtitam kitab Fathul Mu’in dan Alfiyah Ibnu Malik yang diselenggarakan di Aula Pondok Pesantren Langitan pada Minggu, (12/2/2023).

Menjelang wisuda dan Haflah Akbar yang tahun ini rencananya akan diselenggarakan di awal bulan Maret, kelas 3 MAF dan 3 MTsF menggelar ikhtitam (khataman) kitab Fathul Mu’in dan kitab Alfiyah ibn Malik  pada hari ini (Minggu, 12 Februari 2023) di Aula Pondok Pesantren Langitan. Acara itu turut dihadiri Majelis Masyayikh beserta jajaran Majelis A’wan, dan asatidz Madrasah Al-Falahiyah.

KH. Abdullah Munif Marzuqi sebagai pembuka acara ikhtitam. Lalu dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh saudara Masduqi dari kelas 3 MTsF yang juga merupakan anggota munaqasyah Alfiyah ibn Malik. Acara dilanjut dengan sesi khataman kitab Fathul Mu’in oleh KH. Muhammad Ali Marzuki. Diteruskan dengan khataman kitab Alfiyah ibn Malik oleh KH. Muhammad Faqih. 

Pada sesi munaqasyah, KH. Abdullah Habib Faqih memulai pertanyaan pada anggota munaqasyah untuk melanjutkan bait nadzam Alfiyah yang beliau lantunkan. Pertanyaan demi pertanyaan beliau ajukan dan semua terjawab dengan benar, teliti dan cermat. Beliau mengajukan beberapa pertanyaan mengenai pemahaman, terjemahan, sekaligus contoh dari nadzam tertentu. Tidak satupun dari ketujuh belas peserta yang lalai dalam menjawab sehingga beliau sempat beberapa kali mendoakan peserta dengan doa Barokallah.”

Antusias peserta munaqasyah kelas 3 MAF juga terlihat saat satu persatu dari mereka menjawab semua pertanyaan demi pertanyaan yang diajukan perwakilan Masyayikh yang dalam pada ini adalah KH. Muhammad Faqih. Meski kitab yang dikhatamkan merupakan bidang fikih, tetapi sesi munaqasyah untuk kelas 3 MAF tidak hanya seputar pemahaman fikih, melainkan juga melibatkan bidang nahwu dan shorof.

Acara dilanjut dengan presentasi karya ilmiah dari kelas 3 MAF, disusul mahallul qiyam yang dibawakan oleh jamiyyah shalawat kelas 3 MTsF, kemudian mauidhah hasanah oleh KH. Ubaidillah Faqih, sambutan dari perwakilan Kepala Sekolah MTsF dan MAF oleh KH. Abdurrahman Faqih, dan ditutup dengan doa dari KH. Abdullah Habib Faqih. (syah)

Tulisan Terkait

Tim Jejak Langit

Tim Jejak Langit

Tim Jejak Langit dibentuk dengan tujuan menggali sejarah dan membuka tabir cakrawala pemikiran Pondok Pesantren Langitan. Bagaimana awal lembaga ini terbentuk, siapa tokoh-tokohnya lalu bagaimana corak pemikirannya. Serta merunut  jejaring silsilah emas geneologisnya....

PP. Langitan Kembali Adakan Perlombaan M2QK

PP. Langitan Kembali Adakan Perlombaan M2QK

Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan para santri, Pondok Pesantren Langitan kembali mengadakan perlombaan Musabaqah Muhafadzah Qiroatul Kutub (M2QK) di Halaman Madrasah Al-Falahiyah pada Kamis, 23-24 November 2023. M2QK sendiri merupakan perlombaan yang...

Ziarah Maqbarah dalam Rangka Haul KH. Abdullah Faqih ke-12

Ziarah Maqbarah dalam Rangka Haul KH. Abdullah Faqih ke-12

Termasuk rangkaian dari acara haul Almaghfurlah KH. Abdullah Faqih ke-12 adalah ziarah umum bersama Majelis Masyayikh di maqbarah masyayikh pendahulu pada Senin sore, (23/10). Ziarah ini diikuti oleh Majelis Masyayikh, asatidz, pengurus pondok dan seluruh santri PP....

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Komentar

Posting Populer