Daurah Maqulat Asyr dan Kajian Ilmu Tauhid Sukses Terselenggara

Penulis : Tim Admin

June 28, 2024

Foto: Habib Ali Baqir as-Saqqaf, Pakar Tauhid dari Tulungagung saat mengisi Daurah kitab Maqulat Asyr dan Kajian Ilmu Tauhid yang disleneggarakan di Kantor Idaratil Ammah PP. Langitan pada Kamis, (27/6/2024) pukul 08.00 WIB

Daurah kitab Maqulat Asyr karangan Syaikhina KH. Ahmad Sholeh Langitan dan Kajian Ilmu Tauhid sukses terselenggara. Daurah ini diselenggarakan di Kantor Idaratil Ammah PP. Langitan pada Kamis, (27/6/2024) sejak pukul 08.00 WIB. 

Daurah dibuka dengan bacaan surat Al-Fatihah, lalu dilanjut pembacaan ayat suci Al-Qur’an, kemudian sambutan atas nama keluarga Ndalem oleh Ust. Agus Ahmad Habibulloh Sholeh. 

Dalam sambutannya, beliau menganggap bahwa daurah ini merupakan salah satu nikmat dari Allah yang diberikan kepada kita, sebab dengannya kita bisa memperkaya ilmu dan wawasan, apalagi daurah ini mengkaji karya pengasuh generasi kedua PP. Langitan, Syaikhina KH. Ahmad Sholeh.

“Termasuk nikmat yang diberikan Allah kepada kita saat ini, kita bisa memperkaya wawasan keilmuan kita lewat daurah ini, apalagi daurah saat ini membahas tentang Maqulat Asyr yang mana itu adalah karangan dari Syaikhina KH. Ahmad Sholeh putra dari muassis Langitan, Syaikhina KH. Muhammad Nur” kata Agus Habib, sapaan akrab beliau.

Agus Habib juga menganggap kalau daurah ini sebagai bentuk menghidupkan warisan dan tinggalan Masyayikh terdahulu. 

“Menjadi kebanggaan bagi kita bisa menghidupkan turos-turos atau tinggalan dari masyayikh kita atau guru-guru kita.”

“Karena kalau bukan kita para santri dan dzurriyahnya maka siapa lagi yang menghidupkan tinggalan dari masyayikh kita, kalau bukan kita santrinya yang mempelajari maka siapa yang lebih berhak mempelajari kitab ini.” tegas Agus Habib.

Setelah itu, acara dilanjut dengan pembacaan doa oleh Ust, Agus Zahid Hasbulloh, dan setelahnya dilangsungkan acara inti penyampaian materi oleh Habib Ali Baqir as-Saqqaf pakar tauhid dari Tulungagung.

Dalam materi yang disampaikan, Habib Ali membahas secara runtut latar belakang munculnya ilmu maqulat, beliau juga membahas apa itu ilmu maqulat, apa saja yang dibahas dalam ilmu ini dan kegunaan-kegunaannya, serta memberikan keterangan-keterangan penting saat membahas kitab Maqulat Asyr.

Tidak hanya itu, beliau juga membahas betapa pentingnya menghidupkan kembali pengajaran dan pengkajian terkait ilmu tauhid, sebab banyak dari umat di zaman ini yang minim pengetahuan terkait akidah-akidah dasar, sehingga banyak pula yang terjerumus ke pemahaman yang kurang benar. 

Maka dari itu, menurut Habib Ali Baqir pengajaran tentang ilmu tauhid harus menjadi konsen para ulama di zaman ini, utamanya para ulama di Indonesia.

Sepanjang daurah berjalan, antusiasme para peserta terlihat sangat tinggi, mereka juga semangat mengikuti daurah dari awal sampai selesai. 

Pelaksanaan daurah dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama membahas tentang kitab Maqulat Asyr yang dimulai sejak pagi sampai waktu Duhur, lalu sesi kedua mengkaji ilmu tauhid yang dimulai setelah Duhur sampai sore hari. Daurah selesai sekitar pukul 16.50 WIB dan ditutup doa oleh Habib Ali Baqir.

Daurah ini dihadiri oleh para gawagis muda Langitan, di antaranya; Ust. Agus Zahid Hasbulloh, Ust. Agus Ahmad Muhammad Alawi, dan Ust. Agus. Habibulloh Sholeh, dan Ust. Agus Abdur Rauf. Serta dihadiri juga oleh KH. Romli, Pembina Tim Jejak Langit, para Asatidz Madrasah Al- Falahiyah dan peserta-peserta dari dalam dan luar pondok.

Pewarta: Mahir Riyadl

Editor: Abdulloh Al-Faiq

 

Daurah kitab Maqulat Asyr dan Kajian Ilmu Tauhid Sesi I

 

Daurah kitab Maqulat Asyr dan Kajian Ilmu Tauhid Sesi II

Tulisan Terkait

Rangkaian Acara Haul Syaikhina KH. Abdullah Munif MZ ke-1

Rangkaian Acara Haul Syaikhina KH. Abdullah Munif MZ ke-1

Haul Al Maghfurlah Syaikhina KH. Abdullah Munif Marzuqi Zahid ke-1 akan diselenggarakan pada Senin, (8/7/24) di Aula Utama PP. Langitan usai Shalat Isya berjamaah. Acara ini akan disiarkan secara live melalui kanal Youtube resmi PP. Langitan, Langitan TV. Berikut...

Acara Puncak PHBI 1 Muharram 1446 H Sukses Terlaksana

Acara Puncak PHBI 1 Muharram 1446 H Sukses Terlaksana

Acara puncak Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) 1 Muharram 1446 H sukses terlaksana. Acara ini diselenggarakan di Musala Agung pada Sabtu (6/7/24). Acara dimulai setelah shalat Isya berjamaah dan diawali dengan lantunan shalawat oleh grup shalawat al-Muqtasidah. Lalu...

Rangkaian Kegiatan Santri Menyambut Bulan Muharram 1446 H

Rangkaian Kegiatan Santri Menyambut Bulan Muharram 1446 H

Sesuai dengan perhitungan kalender Langitan, bulan Muharram 1446 H akan tiba pada Ahad (7/7/24). Menyambut datangnya bulan mulia tersebut, PP. Langitan akan mengadakan beberapa rangkaian kegiatan. Kegiatan-kegiatan tersebut antara lain, pembacaan doa akhir tahun dan...

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Komentar

Posting Populer