Suksesnya Diklat TPQ An-Nahdliyah: Semangat Baru Pendidikan Al-Qur’an

Penulis : Tim Admin

July 22, 2024

Foto: Ust. Damanhuri, Lamongan sedang menyampaikan materi dalam Diklat TPQ An-Nahdliyah yang diselenggarakan di MA Al Falahiyah Langitan Kamis (18/7/24).

Pada tanggal 18-19 Juli lalu, Madrasah Aliyah Al-Falahiyah Pondok Pesantren Langitan menjadi saksi dari kesuksesan penyelenggaraan Diklat TPQ An-Nahdliyah. Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Organisasi Siswa Intra Sekolah (Osis) MA Al-Falahiyah dengan Mabin An-Nahdliyah Langitan, yang dihadiri oleh ratusan santri dari tingkat Tsanawiyah hingga Aliyah.

Diklat ini diadakan dengan tujuan utama untuk membekali peserta dengan keterampilan menjadi pendidik Al-Qur’an di TPQ An-Nahdliyah. Materi yang diajarkan tidak hanya berfokus pada pemahaman dan pengajaran Al-Qur’an, tetapi juga mengedepankan metode pengajaran yang sesuai dengan prinsip-prinsip An-Nahdliyah.

Peserta diklat diajarkan oleh tutor-tutor terbaik dari Mabin An-Nahdliyah Langitan, antara lain Ust. Damanhuri, Ust. Irhamni Masyhadi, Ust. Khoirul Huda Wahid, dan Ust. Rofiul Himam. Mereka membimbing peserta dalam mengimplementasikan metode pengajaran yang interaktif dan memotivasi, sesuai dengan nilai-nilai pendidikan yang dianut di An-Nahdliyah.

Selain itu, peserta juga diijazahkan amalan berupa wirid Hizib Khofi dan shalat sunah Tasbih sebagai bagian dari pembentukan spiritual mereka. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan peserta dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Diklat ini berhasil menyemai semangat baru dalam pendidikan Al-Qur’an di lingkungan Madrasah Al-Falahiyah. Para peserta pulang dengan pengetahuan yang lebih dalam, keterampilan pengajaran yang lebih terampil, serta kekayaan spiritual yang lebih mendalam. Harapan kedepannya adalah agar semangat dan pengetahuan yang mereka dapatkan dapat tersebar luas dan membawa manfaat bagi masyarakat sekitar.

Pewarta: Mahir Riyadl

Editor: M. Abdulloh Al Faiq

Tulisan Terkait

Haul Almaghfurlah Ustadz H. Saiful Barri ke-5

Haul Almaghfurlah Ustadz H. Saiful Barri ke-5

Langitan - Telah digelar Haul Almaghfurlah Ustadz H. Saiful Barri yang ke-5 pada Ahad, (25/8/2024) yang dimulaipukul 19.00 WIB. Acara yang memperingati lima tahun wafatnya putra menantu Almaghfurlah Syaikhina KH. Abdullah Faqih ini digelar di Aula Darunnajah, PP....

Gus Qoyyum Berikan Resep Nasib Barokah

Gus Qoyyum Berikan Resep Nasib Barokah

Langitan - Peringatan haul para masyayikh merupakan salah satu bentuk ta'dzim santri terhadap guru, karena dengan peringatan dapat mengingat kembali ajaran para guru semasa hidup. Dengan kegiatan ini dilaksanakan, diharapkan generasi selanjutnya dapat mengingat...

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kategori

Arsip

Posting Populer