Study Banding Ma’had Aly PP. Tremas, Pacitan

Penulis : admin

March 11, 2015

web

Penyerahan souvenir oleh KH. Abdullah MUnif Marzuqi (pengasuh PP. Langitan) kepada KH. Lukman Haris Dimyathi (Pengasuh Ma’had Aly PP. Tremas)

Langitan – Sekitar pukul 14.00 WIS rombongan dari santri Ma’had Aly Pondok Pesantren Tremas, Pacitan tiba di area Pondok Pesantren Langitan, setelah sebelumnya berziarah terlebih dulu ke pesarean Masyayikh Pondok Pesantren Langitan di pemakaman umum desa Widang.

Kedatangan para santri dari Tremas (11/03/15) tersebut adalah untuk menguatkan kembali tali silaturrahim antara kedua Pondok Pesantren tertua di nusantara yang telah terjalin sejak lama ini. Selain itu, study banding yang merupakan rangkaian rihlah tahunan Ma’had Aly Pondok Pesantren Tremas ini juga bertujuan untuk mengenal lebih apa dan bagaimanakah Pondok Pesantren Langitan yang dikenal sebagai salah satu pesantren pelopor ‘anti rokok’ yang begitu mengedepankan ahlak karimah sebagai ciri khoss Santri dan Pesantren.

Rombongan santri Tremas yang dipimpin langsung oleh KH. Lukman Haris Dimyathi disambut hangat oleh keluarga besar Pondok Pesantren Langitan, turut menyambut KH. Abdullah Munif Marzuqi, KH. Abdullah Habib Faqih dan beberapa dewan Asatidz Pondok Pesantren Langitan. KH. Lukman Haris Dimyathi saat menyampaikan kata sambutan, beliau banyak mengenang masa-masa mondoknya dulu di Langitan, kenangan manis bersama Syaikhina almaghfurlah KH. Abdullah Faqih, agar para santri-santrinya tahu bahwa ikatan Tremas dan Langitan sejak dulu memanglah kuat.

Acara selesai sekitar pukul 15.30 WIS, dan KH. Lukman Haris dipersilahkan untuk singgah di ndalem KH. Ubaidillah Faqih. Semoga jalinan silaturrahim antar dua pondok pesantren ini bisa tetap terjalin, begitu juga pesantren-pesantren lainnya demi melanjutkan estafet misi dakwah para Ulama’.

Tulisan Terkait

Tim Jejak Langit

Tim Jejak Langit

Tim Jejak Langit dibentuk dengan tujuan menggali sejarah dan membuka tabir cakrawala pemikiran Pondok Pesantren Langitan. Bagaimana awal lembaga ini terbentuk, siapa tokoh-tokohnya lalu bagaimana corak pemikirannya. Serta merunut  jejaring silsilah emas geneologisnya....

PP. Langitan Kembali Adakan Perlombaan M2QK

PP. Langitan Kembali Adakan Perlombaan M2QK

Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan para santri, Pondok Pesantren Langitan kembali mengadakan perlombaan Musabaqah Muhafadzah Qiroatul Kutub (M2QK) di Halaman Madrasah Al-Falahiyah pada Kamis, 23-24 November 2023. M2QK sendiri merupakan perlombaan yang...

Ziarah Maqbarah dalam Rangka Haul KH. Abdullah Faqih ke-12

Ziarah Maqbarah dalam Rangka Haul KH. Abdullah Faqih ke-12

Termasuk rangkaian dari acara haul Almaghfurlah KH. Abdullah Faqih ke-12 adalah ziarah umum bersama Majelis Masyayikh di maqbarah masyayikh pendahulu pada Senin sore, (23/10). Ziarah ini diikuti oleh Majelis Masyayikh, asatidz, pengurus pondok dan seluruh santri PP....

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Komentar

Posting Populer