Pembacaan Yasin dan Tahlil dalam Peringatan 40 Hari Alm. KH. Abdullah Munif Marzuqi

Penulis : Tim Admin

August 30, 2023

Foto: Majelis Masyayikh dalam Peringatan 40 Hari Almaghfurlah KH. Munif Marzuqi yang diselenggarakan di Aula Utama PP. Langitan, Selasa (29/8/23).

Keluarga ndalem Almaghfurlah KH. Abdullah Munif Marzuqi mengadakan pembacaan surat Yasin dan Tahlil dalam rangka memperingati 40 hari wafatnya Alm. Kiai Munif di Aula Utama PP. Langitan pada Selasa, (29/8/23).

Acara yang dimulai usai jamaah shalat Isya tersebut dibuka oleh KH. Muhammad Ali Marzuqi, lalu dilanjut pembacaan surat Yasin dan Tahlil, kemudian pembacaan doa oleh KH. Ubaidillah Faqih.

Usai pembacaan Yasin dan Tahlil, acara dilanjut dengan bacaan shalawat bil-qiyam yang dipimpin oleh KH. Umar Thoha, Gresik. Setelah itu, acara berlanjut ke mauidhah hasanah yang diisi oleh Habib Mustafa Al-Idrus Bangilan, Tuban.

Dalam mauidhahnya, Habib Mustafa menceritakan indahnya akhlak Almaghfurlah Kiai Munif. Beliau memiliki anggapan bahwa secara keilmuan, Alm. Kiai Munif itu lebih pintar daripada beliau, tetapi setiap Habib Mustafa mengisi ceramah, Alm. Kiai Munif pasti duduk di depannya dan memperhatikan ceramah beliau. Bahkan sampai membuat beliau malu.

“Seperti Yai Munif itu terlalu baik, Pak, mohon maaf. Kalau ilmu jelas saya kalah, pinter Yai Munif. Itu ketika saya ceramah, beliau itu mendengarkan saya dengan duduk di depan serta melihat saya,” kenang beliau.

“Setelah ngaji kemudian saya jawil, njenengan ini niat mengaji atau menggoda saya. Yai Munif berkata, tidak, Bib, saya yang penting mengaji.”

“Ini Mbah Sholeh Tsauban, setiap mengundang saya, Yai Munif pasti selalu duduk di depan saya, saya sampai malu, akhlaknya sampai seperti itu,” pungkasnya.

Setelah mauidhah hasanah, acara ditutup dengan doa yang diawali oleh Habib Mustafa, lalu KH. Ali Imron dan terakhir oleh KH. Muhammad Faqih.

Turut hadir dalam acara ini, Majelis Masyayikh, Asatidz, para alumni dan seluruh santri. (ry)

Tulisan Terkait

Kunjungan Habib Abdul Qadir Al-Jailani di Langitan

Kunjungan Habib Abdul Qadir Al-Jailani di Langitan

Habib Abdul Qadir al-Jailani bin Muhammad al-Mahdi bin Imam Abdullah bin Umar Asy-Syatiri, Mudir Rubath Tarim, Hadramaut, Yaman mengunjungi Pondok Pesantren Langitan pada Rabu, (12/6/2024) seusai jamaah shalat Asar pondok, kedatangan beliau langsung disambut keluarga...

Lauching Lajnah Falakiyah Langitan

Lauching Lajnah Falakiyah Langitan

Dalam rangka revitalisasi ilmu Falak di PP. Langitan, Departemen Pendidikan Aam Langitan me-launching Lajnah Falakiyah yang berlangsung di Gedung Idaratil Ammah pada Selasa, (4/6/24) pukul 20.00 WIB. Acara ini dihadiri oleh Ust. Agus H. Muhammad Ahmad Alawi (Wakil...

Tim Jejak Langit

Tim Jejak Langit

Tim Jejak Langit dibentuk dengan tujuan menggali sejarah dan membuka tabir cakrawala pemikiran Pondok Pesantren Langitan. Bagaimana awal lembaga ini terbentuk, siapa tokoh-tokohnya lalu bagaimana corak pemikirannya. Serta merunut  jejaring silsilah emas geneologisnya....

PP. Langitan Kembali Adakan Perlombaan M2QK

PP. Langitan Kembali Adakan Perlombaan M2QK

Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan para santri, Pondok Pesantren Langitan kembali mengadakan perlombaan Musabaqah Muhafadzah Qiroatul Kutub (M2QK) di Halaman Madrasah Al-Falahiyah pada Kamis, 23-24 November 2023. M2QK sendiri merupakan perlombaan yang...

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Komentar

Posting Populer