KH. Faqih Anwar: Pentingnya Memperingati Maulid Nabi Setiap Saat

Penulis : Tim Admin

October 22, 2022

Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw. semestinya tidak hanya dilakukan sekali, tetapi harus setiap saat.

Begitulah kiranya, sekelumit  dari yang disampaikan KH. Faqih dalam acara Peringatan Maulid Nabi dan Haul KH. Ahmad Marzuqi Zahid ke-23 yang berada di Aula Pon. Pes. Langitan pada Jumat, (21/10/2022).

Supaya kita bisa sering mendengarkan cerita-cerita tentang Nabi Muhammad Saw. yang dibawakan para masyayikh dan para kiai,” tegas beliau.

Karena kalau sering mendengarkan apa yang dikatakan para masyayikh dan para kiai mengenai nabi maka kita semua bisa meniru perilaku-perilaku Nabiyuna Muhammad Saw,” tambahnya.

Tidak hanya itu, namun beliau juga menjelaskan mengapa harus ada maulid nabi setiap saat, “ Karena paling tidak, para penceramah itu laris. Artinya tidak banyak nganggurnya. Insya Allah hal itu banyak memberi berkah .” Ucap beliau dengan sedikit tersenyum, sehingga mengundang tawa para hadlirin.

Dalam kesempatan itu pula, beliau menjelaskan tentang keuntungan merayakan maulid nabi. Dalam salah satu kitab karangan Abuya Sayyid Muhammad Alawi al-Maliki, disebutkan bahwa di dalam peringatan maulid nabi itu ada 21 titik. Salah satunya adalah cerita Abu Lahab yang dilahirkannya saat mengetahui Nabi Muhammad telah lahir. Oleh karena hal tersebut, Abu Lahab yang sudah dinash dalam Al-Quran akan mendapat siksaan yang pedih itu mendapat keringanan siksa setiap hari Senin.

 

 

 

 

Tulisan Terkait

PP. Langitan Kembali Adakan Perlombaan M2QK

PP. Langitan Kembali Adakan Perlombaan M2QK

Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan para santri, Pondok Pesantren Langitan kembali mengadakan perlombaan Musabaqah Muhafadzah Qiroatul Kutub (M2QK) di Halaman Madrasah Al-Falahiyah pada Kamis, 23-24 November 2023. M2QK sendiri merupakan perlombaan yang...

Ziarah Maqbarah dalam Rangka Haul KH. Abdullah Faqih ke-12

Ziarah Maqbarah dalam Rangka Haul KH. Abdullah Faqih ke-12

Termasuk rangkaian dari acara haul Almaghfurlah KH. Abdullah Faqih ke-12 adalah ziarah umum bersama Majelis Masyayikh di maqbarah masyayikh pendahulu pada Senin sore, (23/10). Ziarah ini diikuti oleh Majelis Masyayikh, asatidz, pengurus pondok dan seluruh santri PP....

Khatmil Qur’an bil Ghaib Haul KH. Abdullah Faqih ke-12

Khatmil Qur’an bil Ghaib Haul KH. Abdullah Faqih ke-12

Malam peringatan Haul KH. Abdullah Faqih yang ke-12 akan diselenggarakan pada malam ini (Senin, 23/10). Salah satu rangkaian acara yang menyambut haul tersebut adalah Khatmil Qur'an bil Ghaib. Pembukaan Khatmil Qur’an bil Ghaib dimulai pada Ahad siang, (22/10) di...

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Komentar

Posting Populer