KH. Faqih Anwar: Pentingnya Memperingati Maulid Nabi Setiap Saat

Penulis : Tim Admin

October 22, 2022

Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw. semestinya tidak hanya dilakukan sekali, tetapi harus setiap saat.

Begitulah kiranya, sekelumit  dari yang disampaikan KH. Faqih dalam acara Peringatan Maulid Nabi dan Haul KH. Ahmad Marzuqi Zahid ke-23 yang berada di Aula Pon. Pes. Langitan pada Jumat, (21/10/2022).

Supaya kita bisa sering mendengarkan cerita-cerita tentang Nabi Muhammad Saw. yang dibawakan para masyayikh dan para kiai,” tegas beliau.

Karena kalau sering mendengarkan apa yang dikatakan para masyayikh dan para kiai mengenai nabi maka kita semua bisa meniru perilaku-perilaku Nabiyuna Muhammad Saw,” tambahnya.

Tidak hanya itu, namun beliau juga menjelaskan mengapa harus ada maulid nabi setiap saat, “ Karena paling tidak, para penceramah itu laris. Artinya tidak banyak nganggurnya. Insya Allah hal itu banyak memberi berkah .” Ucap beliau dengan sedikit tersenyum, sehingga mengundang tawa para hadlirin.

Dalam kesempatan itu pula, beliau menjelaskan tentang keuntungan merayakan maulid nabi. Dalam salah satu kitab karangan Abuya Sayyid Muhammad Alawi al-Maliki, disebutkan bahwa di dalam peringatan maulid nabi itu ada 21 titik. Salah satunya adalah cerita Abu Lahab yang dilahirkannya saat mengetahui Nabi Muhammad telah lahir. Oleh karena hal tersebut, Abu Lahab yang sudah dinash dalam Al-Quran akan mendapat siksaan yang pedih itu mendapat keringanan siksa setiap hari Senin.

 

 

 

 

Tulisan Terkait

Rangkaian Acara Haul Syaikhina KH. Abdullah Munif MZ ke-1

Rangkaian Acara Haul Syaikhina KH. Abdullah Munif MZ ke-1

Haul Al Maghfurlah Syaikhina KH. Abdullah Munif Marzuqi Zahid ke-1 akan diselenggarakan pada Senin, (8/7/24) di Aula Utama PP. Langitan usai Shalat Isya berjamaah. Acara ini akan disiarkan secara live melalui kanal Youtube resmi PP. Langitan, Langitan TV. Berikut...

Acara Puncak PHBI 1 Muharram 1446 H Sukses Terlaksana

Acara Puncak PHBI 1 Muharram 1446 H Sukses Terlaksana

Acara puncak Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) 1 Muharram 1446 H sukses terlaksana. Acara ini diselenggarakan di Musala Agung pada Sabtu (6/7/24). Acara dimulai setelah shalat Isya berjamaah dan diawali dengan lantunan shalawat oleh grup shalawat al-Muqtasidah. Lalu...

Rangkaian Kegiatan Santri Menyambut Bulan Muharram 1446 H

Rangkaian Kegiatan Santri Menyambut Bulan Muharram 1446 H

Sesuai dengan perhitungan kalender Langitan, bulan Muharram 1446 H akan tiba pada Ahad (7/7/24). Menyambut datangnya bulan mulia tersebut, PP. Langitan akan mengadakan beberapa rangkaian kegiatan. Kegiatan-kegiatan tersebut antara lain, pembacaan doa akhir tahun dan...

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Komentar

Posting Populer