Habib Abdullah bin Abdurrahman al-Muhdhor; Pentingnya Mendekat Kepada Orang Saleh

Penulis : Tim Admin

September 8, 2022

habib abdullahMendekatkan diri kepada seorang ulama itu sama dengan mendekatkan diri kepada Allah dan Nabi Muhammad Saw terang Habib Abdullah al-Muhdhor dalam acara Haul Akbar KH. Abdul Hadi Zahid ke-52 di Pondok Pesantren Langitan, Kamis sore (08/09/2022).

Dalam acara tersebut beliau menjelaskan betapa pentingnya menyambung hubungan dan mendekat kepada orang saleh. Bahkan semenjak dahulu orang-orang selalu mengajarkan kepada putra dan masyarakat agar selalu mendekat kepada orang-orang saleh. Hal tersebut mengingat dengan kedekatan tersebut akan membawa keberkahan yang akan dituai oleh anak cucunya nanti. 

Orang saleh zaman dahulu sangat berusaha mendekatkan putra dan putrinya kepada orang-orang saleh. Agar mendapatkan berkah dan pandangan dari merekalanjutnya.

Kemudian, Habib yang berasal dari Hadramaut Yaman ini melanjutkan dengan menyitir sebuah kisah. Suatu ketika ada seorang ahli ilmu datang kepada orang saleh untuk meminta doa. Akhirnya orang saleh tersebut pun mendoakan.

“انسك الله بقربه”

Semoga engkau diberikan kenyamanan dengan (hubungan) dekat

Belum puas orang tersebut pun meminta doa lagi. Orang saleh tersebut pun mendoakan dengan hal yang sama. Hal tersebut berulang hingga beberapa kali.

Akhirnya orang saleh tersebut pun memberikan alasan perihal doa singkat beliau.

Apakah engkau tahu makna doa tadi?

Orang yang meminta doa hanya diam.

Makna doa tadi adalah semoga Allah memberikan ilmu kepada kamu dengan tanpa belajar. Kamu akan dibersihkan hatinya dari penyakit hati akan diberikan sifat yang baik. Dan akan diberikan rasa nikmat dalam beribadah, dan diberikan kedekatan dengan orang-orang yang dicintai Allah dan diberi ikhlas dalam beramal.

Terakhir beliau pun kemudian memberikan pesan agar ilmu-ilmu yang telah dipelajari bisa manfaat dan memberikan manfaat kepada orang lain dan masyarakat luas.

Jadi seorang alim yang ingin santri-santrinya bermanfaat, maka harus sambung dengan orang-orang yang dicintai Allah Saw, harus sambung dengan keluarga Nabi Muhammad Saw.

[Yazid Fath]

Tulisan Terkait

Kunjungan Habib Abdul Qadir Al-Jailani di Langitan

Kunjungan Habib Abdul Qadir Al-Jailani di Langitan

Habib Abdul Qadir al-Jailani bin Muhammad al-Mahdi bin Imam Abdullah bin Umar Asy-Syatiri, Mudir Rubath Tarim, Hadramaut, Yaman mengunjungi Pondok Pesantren Langitan pada Rabu, (12/6/2024) seusai jamaah shalat Asar pondok, kedatangan beliau langsung disambut keluarga...

Lauching Lajnah Falakiyah Langitan

Lauching Lajnah Falakiyah Langitan

Dalam rangka revitalisasi ilmu Falak di PP. Langitan, Departemen Pendidikan Aam Langitan me-launching Lajnah Falakiyah yang berlangsung di Gedung Idaratil Ammah pada Selasa, (4/6/24) pukul 20.00 WIB. Acara ini dihadiri oleh Ust. Agus H. Muhammad Ahmad Alawi (Wakil...

Tim Jejak Langit

Tim Jejak Langit

Tim Jejak Langit dibentuk dengan tujuan menggali sejarah dan membuka tabir cakrawala pemikiran Pondok Pesantren Langitan. Bagaimana awal lembaga ini terbentuk, siapa tokoh-tokohnya lalu bagaimana corak pemikirannya. Serta merunut  jejaring silsilah emas geneologisnya....

PP. Langitan Kembali Adakan Perlombaan M2QK

PP. Langitan Kembali Adakan Perlombaan M2QK

Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan para santri, Pondok Pesantren Langitan kembali mengadakan perlombaan Musabaqah Muhafadzah Qiroatul Kutub (M2QK) di Halaman Madrasah Al-Falahiyah pada Kamis, 23-24 November 2023. M2QK sendiri merupakan perlombaan yang...

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Komentar

Posting Populer