Habib Abdullah bin Abdurrahman al-Muhdhor; Pentingnya Mendekat Kepada Orang Saleh

Penulis : Tim Admin

September 8, 2022

habib abdullahMendekatkan diri kepada seorang ulama itu sama dengan mendekatkan diri kepada Allah dan Nabi Muhammad Saw terang Habib Abdullah al-Muhdhor dalam acara Haul Akbar KH. Abdul Hadi Zahid ke-52 di Pondok Pesantren Langitan, Kamis sore (08/09/2022).

Dalam acara tersebut beliau menjelaskan betapa pentingnya menyambung hubungan dan mendekat kepada orang saleh. Bahkan semenjak dahulu orang-orang selalu mengajarkan kepada putra dan masyarakat agar selalu mendekat kepada orang-orang saleh. Hal tersebut mengingat dengan kedekatan tersebut akan membawa keberkahan yang akan dituai oleh anak cucunya nanti. 

Orang saleh zaman dahulu sangat berusaha mendekatkan putra dan putrinya kepada orang-orang saleh. Agar mendapatkan berkah dan pandangan dari merekalanjutnya.

Kemudian, Habib yang berasal dari Hadramaut Yaman ini melanjutkan dengan menyitir sebuah kisah. Suatu ketika ada seorang ahli ilmu datang kepada orang saleh untuk meminta doa. Akhirnya orang saleh tersebut pun mendoakan.

“انسك الله بقربه”

Semoga engkau diberikan kenyamanan dengan (hubungan) dekat

Belum puas orang tersebut pun meminta doa lagi. Orang saleh tersebut pun mendoakan dengan hal yang sama. Hal tersebut berulang hingga beberapa kali.

Akhirnya orang saleh tersebut pun memberikan alasan perihal doa singkat beliau.

Apakah engkau tahu makna doa tadi?

Orang yang meminta doa hanya diam.

Makna doa tadi adalah semoga Allah memberikan ilmu kepada kamu dengan tanpa belajar. Kamu akan dibersihkan hatinya dari penyakit hati akan diberikan sifat yang baik. Dan akan diberikan rasa nikmat dalam beribadah, dan diberikan kedekatan dengan orang-orang yang dicintai Allah dan diberi ikhlas dalam beramal.

Terakhir beliau pun kemudian memberikan pesan agar ilmu-ilmu yang telah dipelajari bisa manfaat dan memberikan manfaat kepada orang lain dan masyarakat luas.

Jadi seorang alim yang ingin santri-santrinya bermanfaat, maka harus sambung dengan orang-orang yang dicintai Allah Saw, harus sambung dengan keluarga Nabi Muhammad Saw.

[Yazid Fath]

Tulisan Terkait

Haul Ust. H. Saiful Barri ke-3

Haul Ust. H. Saiful Barri ke-3

Jumat, (30/9) pukul 19.00 WIB. DI selenggarakan Haul Ust. H. Saiful Barri ke-3. Beliau sendiri merupakan Menantu Almaghfurlah KH. Abdullah Faqih yang telah wafat pada tahun 2020 silam. Acara yang berlokasi di ndalem beliau itu dihadiri majlis Masyayikh, majlis A’wan,...

Jumat Bersih Pondok Pesantren Langitan

Jumat Bersih Pondok Pesantren Langitan

Salah satu hal yang menunjukkan bahwa Pon. Pes. Langitan sangat peduli akan kebersihan lingkungan adalah diadakannya roan umum setiap seminggu sekali. Kegiatan tersebut rutin diadakan setiap hari Jumat pagi. Setelah jamaah subuh, biasanya para santri langsung...

Roan Sebagai Pembekalan Santri

Roan Sebagai Pembekalan Santri

Menurut beberapa pendapat, roan diserap dari kata tabarukan, yang berarti ngalap berkah. Disingkat menjadi rukan, kemudian menjadi roan. Santri mana yang tidak tahu perihal roan? Kegiatan bersih-bersih di kawasan pesantren ini telah menjadi tradisi pakem bagi kalangan...

Tim Selokan, Wujud Langitan mendukung Gerakan Lingkungan Asri

Tim Selokan, Wujud Langitan mendukung Gerakan Lingkungan Asri

Pesantren merupakan jenjang pendidikan yang menggembleng santri dalam banyak sisi, ilmu agama, tata krama, interaksi sosial, dan yang tak kalah penting adalah kebersihan. Islam sangat menjunjung tinggi kebersihan dalam segala aspek kehidupan manusia. Begitu pula di...

Taman yang Asri Wujud Penghijauan Alami

Taman yang Asri Wujud Penghijauan Alami

  Bagi santri pondok pesantren Langitan, memiliki lingkungan yang asri merupakan upaya kepedulian yang nyata bagi kehidupan. Pasalnya setiap sesuatu yang terlihat asri, memungkinkan siapa saja yang melihat akan senang dan betah pada keasrian yang terjadi. Jika...

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published.

Komentar

Archives

Categories