Dimulai Puluhan Tahun Lalu, Syaikhina KH. Muhammad Faqih Khatamkan Kitab Ihya Ulumiddin

Penulis : Tim Admin

July 22, 2024

Foto: Syaikhina KH. Muhammad Faqih Majelis Masyayikh PP. Langitan telah mengkhatamkan kitab Ihya Ulumiddin pada hari Ahad, (21/7/2024) di Aula Utama PP. Langitan.

Syaikhina KH. Muhammad Faqih, Majelis Masyayikh PP. Langitan telah mengkhatamkan kitab Ihya Ulumiddin pada hari Ahad, (21/7/2024) di Aula Utama PP. Langitan. Acara ini merupakan penutup dari pengajian mingguan yang dihadiri ribuan alumni dan muhibbin PP. Langitan dari berbagai daerah.

Acara yang dimulai sekitar pukul 15.30 WIB ini dipimpin oleh Syaikhina KH. Muhammad Faqih, acara dimulai dengan pembacaan kitab sampai selesai lalu diikuti sambutan dari Syaikhina KH. Muhammad Faqih.

Dalam sambutannya, Syaikhina KH. Muhammad Faqih menyampaikan rasa syukurnya atas kesempatan untuk mengaji dan menghatamkan kitab Ihya Ulumiddin. Beliau juga menegaskan bahwa segala kesalahan yang mungkin terjadi dalam pembacaan dan penjelasan kitab ini adalah tanggung jawab pribadi beliau, sedangkan kebenaran yang disampaikannya adalah anugerah dari Allah Swt.

“Alhamdulilah kita semua diberi kesempatan bisa mengikuti pengajian ini sampai khatam, bila dalam membaca dan menerangkan kitab ini ada kesalahan itu semata-mata dari saya pribadi, bila bacaan atau keterangan saya sesuai dengan yang dikehendaki mushonif (pengarang) itu merupakan fadhol dari Allah Swt,” ujar beliau.

Syaikhina KH. Muhammad Faqih juga menceritakan bahwa pengajian kitab Ihya Ulumiddin sebelumnya telah dimulai oleh Almaghfurlah KH. Abdullah Faqih (pengasuh ke-6 PP. Langitan), kemudian dilanjutkan oleh Almaghfurlah KH. Quhwanul Adib (menantu KH. Abdullah Faqih), dan kini dilanjutkan oleh Syaikhina KH. Muhammad Faqih bin KH. Abdullah Faqih.

“Kitab ini awalnya dibuka oleh Almaghfurlah KH. Abdullah Faqih, lalu dilanjutkan oleh Almaghfurlah KH. Quhwanul Adib, lalu saya,” terang Kiai Muh, sapaan akrab beliau.

Foto: Para santri, alumni dan muhibbin yang mengikuti hataman kitab Ihya Ulumiddin di Aula Utama PP. Langitan bersama Syaikhina KH. Muhammad Faqih Ahad, (21/7/2024).

“Untuk pengajian mingguan selanjutnya akan diteruskan oleh KH. Abdullah Habib Faqih. Semoga kita semua mendapatkan barakah dalam khataman kitab ini,” lanjutnya.

Usai sambutan, acara kemudian ditutup dengan doa yang dipimpin beliau. Terakhir para jamaah pengajian ber-mushafahah (bersalaman) dengan beliau Syaikhina KH. Muhammad Faqih.

Pewarta: Mahir Riyadl

Editor: M. Abdulloh Al Faiq

Tulisan Terkait

Haul Almaghfurlah Ustadz H. Saiful Barri ke-5

Haul Almaghfurlah Ustadz H. Saiful Barri ke-5

Langitan - Telah digelar Haul Almaghfurlah Ustadz H. Saiful Barri yang ke-5 pada Ahad, (25/8/2024) yang dimulaipukul 19.00 WIB. Acara yang memperingati lima tahun wafatnya putra menantu Almaghfurlah Syaikhina KH. Abdullah Faqih ini digelar di Aula Darunnajah, PP....

Gus Qoyyum Berikan Resep Nasib Barokah

Gus Qoyyum Berikan Resep Nasib Barokah

Langitan - Peringatan haul para masyayikh merupakan salah satu bentuk ta'dzim santri terhadap guru, karena dengan peringatan dapat mengingat kembali ajaran para guru semasa hidup. Dengan kegiatan ini dilaksanakan, diharapkan generasi selanjutnya dapat mengingat...

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kategori

Arsip

Posting Populer