Kembali Kunjungi Langitan, Dr. Habib Ali Baqir Bahas Ini bersama Syaikhina KH. Abdullah Habib Faqih dan KH. Abdurrahman Faqih

Penulis : Tim Admin

July 23, 2024

Foto: Tampak Dr. Habib Ali Baqir as-Saqqaf sedang berbincang dengan Syakhina KH. Abdurrahman Faqih (tengah) dan Syaikhina KH. Abdullah Habib Faqih (kanan) di Aula Ndalem Almaghfurlah Ust. H. Saiful Barri.

Dr. Habib Ali Baqir as-Saqqaf, pakar ilmu Kalam dari Tulungagung kembali mengunjungi PP. Langitan dalam rangka menghadiri Wisuda Program Kualifikasi Paskah Aliyah (PKPA) di Pondok Putri Al-Mujibiyah, Ahad (21/7/24), setelah sebelumnya pernah ke Langitan dalam rangka mengisi Daurah Maqulat Asyr dan Kajian Ilmu Tauhid pada Kamis, (27/6/2024) bulan lalu.

Setelah mengisi acara, Habib lulusan Universitas Al-Ahgaff Yaman itu sempat bertemu dengan Syaikhina KH. Abdullah Habib Faqih dan Syaikhina KH. Abdurrahman Faqih di Aula Ndalem Almaghfurlah Ust. H. Saiful Barri.

Beliau bersama kedua Majelis Masyayikh tersebut membahas beberapa hal penting terkait ilmu Tauhid. Mengutip postingan Dr. Habib Ali Baqir dalam saluran WhatsApp resminya, Dr. Al-Habib Ali Baqir Al-Saqqaf Lc., M.A., Ph.D yang diunggah pada Ahad, (21/7), beliau bersama Kiai Dullah (sapaan akrab KH. Abdullah Habib Faqih) dan Kiai Ab (sapaan akrab KH. Abdurrahman Faqih) membahas ilmu Kalam secara mendalam terkait masalah Iradah pada Madzhab Asy’ariyah, Maturidiyah, dan Muktazilah.

“Begitu pula saya sempat berdiskusi dengan Gus Abdullah Habib Faqih tentang masalah yang sangat dalam pada ilmu Kalam, yaitu masalah Irodah pada mazhab Asya’iroh, Maturidiyah & Muktazilah,” kata Habib Ali Baqir.

“Begitupula saya sempat ngobrol dengan Gus Abdurahman yang dulunya beliau belajar di Ribath al-Habib Zaenal Abidin bin Ibrohim bin Smith Madinah,” lanjutnya.

Dr. Habib Ali Baqir dalam postingannya juga bersyukur bisa kembali ke Pondok Pesantren Langitan.

“Alhamdulillah kemaren malam saya sempat sowan ke Ponpes Langitan tempat Mbah Hasyim Asy’ary Muassis Nahdhatul Ulama dulu belajar,” tulisnya.

Ia juga mendoakan agar setiap pengasuh PP. Langitan diberikan keistikamahan, keberkahan dan lancarnya rezeki. Serta semoga pondok pesantren ini tetap eksis sepanjang masa.

Pewarta: Mahir Riyadl

Editor: M. Abdullah Al Faiq

Tulisan Terkait

Haul Almaghfurlah Ustadz H. Saiful Barri ke-5

Haul Almaghfurlah Ustadz H. Saiful Barri ke-5

Langitan - Telah digelar Haul Almaghfurlah Ustadz H. Saiful Barri yang ke-5 pada Ahad, (25/8/2024) yang dimulaipukul 19.00 WIB. Acara yang memperingati lima tahun wafatnya putra menantu Almaghfurlah Syaikhina KH. Abdullah Faqih ini digelar di Aula Darunnajah, PP....

Gus Qoyyum Berikan Resep Nasib Barokah

Gus Qoyyum Berikan Resep Nasib Barokah

Langitan - Peringatan haul para masyayikh merupakan salah satu bentuk ta'dzim santri terhadap guru, karena dengan peringatan dapat mengingat kembali ajaran para guru semasa hidup. Dengan kegiatan ini dilaksanakan, diharapkan generasi selanjutnya dapat mengingat...

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kategori

Arsip

Posting Populer