MQK TubanLangitan, 04 Dzulqo’dah 1434 H./10 September 2013 M.

Para peserta utusan ponpes Langitan berhasil memboyong 15 trofi juara pertama dalam Musabaqoh Qiro’atil Kutub (MQK) di masjid Agung Tuban, Selasa (10/9). Ada sebanyak 20 peserta yang dikirim untuk mengikuti musabaqoh tersebut. Namun dari kelima peserta yang lain, 4 diantaranya hanya mendapat juara dua. Selain itu para peserta putri yang dikirim dari madrasah Mujibiyah dan madrasah Arraudloh juga berhasil memboyong habis 20 trofi juara pertama di MQK tersebut. Perolehan ini membawa ponpes Langitan menjadi juara umum.

MQK tersebut diikuti oleh sekitar 250 peserta dari beberapa pondok pesantren salaf yang berada di daerah Tuban. Dan untuk tahun ini para peserta MQK meningkat jauh lebih banyak dari pada tahun sebelumnya. Dalam MQK tersebut para peserta dibagi dalam tiga tingkatan, yakni ula, wustho dan ulya. Ada banyak kitab yang dimusabaqohkan, mulai dari kitab-kitab dalam fan Tarikh, Nahwu, Fiqih dan masih banyak lagi yang lainnya.

Musabaqoh ini digelar selama 3 tahun sekali. Para peserta yang berhasil lolos di MQK ini akan dikirim untuk mengikuti MQK selanjutnya di tingkat profinsi, pada tanggal 1 Oktober 2013 di Madura. Pada tahun sebelumnya para peserta dari utusan Kabupaten Tuban berhasil menjadi juara umum di MQK tersebut.