antusias para peserta komisi B saat bahtsul masa’il berlangsung

Langitan- untuk merealisasikan program kerja dari Dep. Musyawarah dan lughoh, kali ini Para pengurus Ikatan Siswa Madrasah Al Falahiyah (ISMA) menggelar acara Bahtsul Masa’il di gedung madrasah tsanawiyah lantai II, Selasa (04/12/12).
Seusai jama’ah Maghrib tepatnya pukul 19.30 WIS, beberapa delegasi dari setiap kelas sudah mulai menempati ruang Bahtsul masa’il tersebut. tampak juga delegasi dari pondok Gilang yang memang sengaja diundang untuk bergabung dalam komisi B, sudah hadir dan menempati tempat yang telah di sediakan.

Para peserta Bahtsul Masa’il kali ini dibagi menjadi dua komisi yakni komisi A yang dihadiri oleh sejumlah delegasi dari tingkatan MI dan komisi B dari tingkatan MTs. Setiap komisi diberi beberapa masalah yang sesuai dengan tingkatan mereka untuk dibahas bersama dalam forum tersebut, sedangkan masalah tersebut diambil dari pertanyaan-pertanyaan yang sebelumnya sudah dikumpulkan dari para ketua musyawarah. sebenarnya pertanyaan tersebut sudah pernah di musyawarahkan dalam lingkup kelas, Tetapi karena dalam lingkup tersebut tidak bisa terjawab maka pertanyaan tersebut di bawa kedalam forum bahtsul masail ini.

Setelah mengalami perdebatan yang cukup lama dan sedikit alot, semua pertanyaan akhirnya bisa terjawab, kecuali satu pertanyaan dari komisi B. ya… walaupun bisa dibilang kurang sempurna,namun dengan adanya forum ini semoga bisa membuat para santri lebih semangat dalam mempelajari kitab kuning yang memang menjadi kajian bagi para santri setiap hari.