Jl. Raya widang Tuban PO BOX 02 Babat 62271 Telp/Fax.0322-451156 SMS center : 085235688999. langitan [at]langitan[ dot] net

Bahaya rokok

Ingin sembuh dari ketergatungan rokok klik disini

Kumpulan artikel tentang bahaya rokok. Diambil dari berbagai sumber

1. Racun rokok
Maret 11, 2008
Mungkin anda sudah tahu bahwa menghisap asap rokok orang lain di dekat anda lebih berbahaya bagi anda daripada bagi si perokok itu sendiri. Asap Utama adalah asap rokok yang terhisap langsung masuk ke paru-paru perokok lalu di hembuskan kembali. Asap Sampingan adalah asap rokok yang dihasilkan oleh ujung rokok yang terbakar.

Masalahnya adalah, udara yang mengandung asap rokok, dan anda hisap, akan mengganggu kesehatan, karena asap rokok mengandung banyak zat- zat berbahaya, diantaranya : Lebih lanjut……

2. “Biaya Sosial ” Akibat Merokok
(Majalah Tarbawi, Edisi 104 Th. 7/Shafar 1426H/17 Maret 2005)

Oleh Tulus Abadi, SH
Ketua Bidang Hukum dan Perundang-Undangan Komnas PMM
Penerima Tobacco Control Fellowship Programs, Bangkok 2003

Masyarakat DKI Jakarta dibuat kaget, bukan oleh serangan wabah DBD, bukan pula serangan teroris; tetapi oleh rokok. Pasalnya Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso melansir kebijakan baru bertajuk larangan merokok di tempat umum. Yang membuat publik kaget, bukan karena larangannya, tetapi lebih karena hukumannya yang setinggi langit, Rp. 50 juta dan kurungan 6 bulan.  Lebih lanjut……………..

3. Tembakau : Dampaknya Yang Merusak Kesehatan
Konsumsi tembakau adalah salah satu penyebab kerusakan kesehatan yang berkembang sangat cepat di dunia. Satu dari dua perokok jangka panjang akan meninggal karena penyakit yang berkaitan dengan tembakau. Kematian ini sebenarnya dapat dicegah.

Resiko Kesehatan Bagi Perokok
Lebih dari 70.000 artikel ilmiah membuktikan secara tuntas bahwa penggunaan tembakau menyebabkan penyakit dan kematian.1 Pada tahun 2001, sebanyak 9,2% dari 3320 kematian di Indonesia disebabkan karena penyakit yang berkaitan dengan tembakau. Secara global tembakau merupakan 8,8% penyebab dari semua kematian pada tahun 2002.2 Konsumsi tembakau membunuh satu orang setiap 10 detik.3 Pada tahun 2020, WHO memprediksikan penyakit yang berkaitan dengan tembakau akan menjadi masalah kesehatan utama dunia yang menyebabkan 8,4 juta kematian tiap tahun.4 ; separuhnya terjadi di Asia. Kematian di Asia akan meningkat hampir 4 kali lipat dari 1,1 juta tahun 1990 menjadi 4,2 juta tahun 2020.5 Lebih lanjut….

4. Pondok Pesantren Langitan Bebas Rokok
Republika, 28 Februari 2003
TANPA gembar-gembor dan publikasi, Pondok Pesantren Langitan Tuban Jawa Timur bebas dari rokok. Dan, itu ternyata sudah berlangsung sejak enam tahun yang lalu. Larangan mengkonsumsi rokoh tersebut berlaku utuk umum. Para santri, ustadz serta pengasuh seluruhnya tidak diperbolehkan merokok di lingkungan pesantren. Pesantren benar-benar bebas dari bau asap rokok. Kondisi ini membuat kagum mantan Menteri Agama Tarmizi Taher yang akhir pekan lalu berkunjung ke pesantren yang telah berusia lebih dari 150 tahun ini. Lebih lanjut…

5. Berhentilah Merokok!
Selasa, 7 Juni, 2005 oleh: Siswono
Gizi.net – Dengan berhenti merokok, Anda tak hanya menyayangi diri sendiri, tapi juga orang lain. Bukankah ini langkah terpuji? Hari Tanpa Tembakau Sedunia yang diperingati 31 Mei lalu seakan tak bergema di Indonesia. Tak banyak yang mengindahkan seruan peringatan tersebut. Para perokok tetap saja melakukan aktivitas rutinnya: menikmati kepulan asap. Ini tentu sangat disayangkan. Sebab, peringatan Hari Tanpa Rokok Sedunia itu mestinya dijadikan kesempatan bagi kita untuk berpikir sejenak dan menyadari kembali akan bahaya rokok, baik untuk diri kita sendiri, maupun orang-orang di sekitar kita.  Lebih lanjut……….

Pin It on Pinterest