Sebagai manusia kita tentu tak bisa lepas dari berbagai bentuk kesalahan atau dosa. Akan tetapi sebaik-baik orang yang melakukan kesalahan adalah mereka yang mau bertobat meyesali perbuatannya.
Terlepas dari hal itu kita juga perlu membentengi diri agar tidak semerta-merta melakukan perbuatan yang dilarang oleh agama. Dari segala macam bentuk perbuatan dosa, muaranya tiada lain adalah hati. Hati yang terserang penyakit harus segera diobati, begitupun yang kotor harus selekasnya dibersihkan. Salah satu cara membersihkannya adalah dengan mengamalkan doa berikut:
اللَّهُمَّ طَهِّرْ قُلُوْبَنَا مِنَ النِّفَاقِ وَأَعْمَالَنَا مِنَ الرِّيَاءِ وَأَلْسِنَتَنَا مِنَ الكَذِبِ وَأَعْيُنَنَا مِنَ الخِيَانَةِ إِنَّكَ تَعْلَمُ خَائِنَةَ الاَعْيُنِ وَمَا تُخْفِي الصُّدُوْر
“Ya Allah, bersihkan hati kami dari kemunafikan. Bersihkan perbuatan kami dari pamer dan mengharap pujian orang. Bersihkan lidah kami dari dusta dan jauhkan mata kami dari khianat. Sungguh engkau mengetahui (pandangan) mata yang khianat dan apa yang di sembunyikan oleh hati.”
____________________________________________
Support dakwah kami dengan mengikuti akun-akun resmi Pondok Pesantren Langitan:Instagram: @menaralangitan
Facebook: Majalah Langitan/ Radio Langitan
Website: www.langitan.net /www.majalahlangitan.com