M2QK_Dewan  JuriPerhelatan M2QK ke 5 tahun 1436 H. telah usai di ikuti kontingen dari semua Ribath, kemeriahan acara ini sangat terlihat karena antusias baik dari para Kontingan, Official, maupun Peserta.
Pemandangan kesemangatan para santri terlihat mulai dari Kirab dimana para kontingan di damping para Official Khosnya. Mereka berjalan mengelilingi Arena Acara dengan menunjukan profil masing-masing Ribath dengan narasi yang bermacam-macam, ada yang menggunakan bahasa Indonesia ada juga yang berbahasa jawa, dengan penyesuaian dengan kontum yang mereka pakai. Meski dalam Kirab sempat berhenti sejenak karena ada Hujan, tapi semangat mengikuti kirab tetap berkobar.
Acara ini dimulai pada kamis,01 May 2015 dan tutup dengan penyerahan hadiah pada hari Jum’at, 02 May 2015 dini hari tadi. Para perserta dan sporter pun masih setia menungggu sampai diumumkan pemenangnya.
Juara Umum kali di raih oleh Ribat Al Bukhori. Rekor catatan kemengan M2QK tahun pertama Ribath asy Syafi’i tahun kedua dan ketiga Ribath al Hanafi, tahun keempat diraih Ribath al Maliki, dan tahun kelima ini juara umum M2QK di menagkan oleh Ribath al Bukhori mendapatkan Tropy dan uang tunai sebesar Rp. 1.000.000,-, Juara Kedua Ribath al Hanafi mendapat uang tunai Rp. 600.000,-, dan Juara 3 diraih oleh Ribath al Maliki dengan uang tunai Rp. 400.000,-.
Acara M2QK adalah bertujuan sebagai sarana menunjang semangat santri berlomba-lomba dalam memahami dan menghafal kutubus salaf yang semakin lama semakin terkikis peminatnya, maka dari itu dengan adanya acara ini diharapakan sebagai bentuk Aktulisasi dalam mempelajari kutubus salaf.
Semoga kegiatan M2QK ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan dapat melaksanakan kembali tahun berikutnya pada M2QK ke-6. Amin