lelaki serupa wanitaPada saat ini telah banyak dijumpai fenomena kaum laki-laki yang berpenampilan menyerupai wanita, begitu pula sebaliknya, banyak dari kalangan wanita yang suka berpenampilan layaknya kaum pria.

Telah banyak dijumpai pada akhir-akhir ini, kaum lelaki yang senantiasa membersihkan setiap rambut  yang tumbuh di wajah. Mereka juga memutihkan wajah dengan menggunakan bedak, memakai gelang, cincin emas, anting, tindik, memakai jala rambut, serta berambut panjang  layaknya kaum hawa.

Bahkan sebagian dari mereka ada yang mencukur alis, dan menghilangkan rambut jambang dengan alat yang biasa digunakan oleh para perias,  serta menata rambut mereka layaknya wanita dengan berbagai variasinya.

Sehingga mereka tidak akan keluar dari rumah,  kecuali setelah bersusah payah merapihkan penampilan wajah.

Begitu pula sebaliknya, pada saat ini banyak kaum wanita yang berpenampilan meyerupai laki-laki. Seperti halnya berambut pendek, memakai celana pendek dan juga memakai pakaian you can see. Bahkan hal yang lazimnya dilakukan oleh kaum laki-laki, juga mulai dijamah kaum hawa, seperti menjadi karyawan pabrik, mejadi wartawan lapangan sebuah media, dan juga masuk dalam ranah politik.

Dan jauh-jauh hari Rasulullah telah memberikan informasi tentang hal tersebut berkenaan  tentang tanda-tanda hari kiamat. Dalam kitab Hilyah, Abu  Nu’aim meriwayatkan hadits dari Hudzaifah ra. Bahwasanya Rasulullah Saw. bersabda :

من اقتراب الساعة تشبه الرجال بالنساء والنساء بالرجال

“Di antara tanda dekatnya hari kiamat adalah laki-laki menyerupai perempuan,  dan perempuan meyerupai laki-laki.”

Adapun hukum bagi orang laki-laki yang menyerupai perempuan, maupun sebaliknya, kedua-duanyasama-sama dilaknat, sebagaimana yang disebutkan dalam hadits Rasululah Saw :

 

عن ابن عباس رضيالله عنه قال لعن النبي صلى الله عليه وسلم المتخنثين من الرجال والمترجلات من النساء وقال أخرجوهم من بيوتكم قال فأخرج النبي صلى الله عليه وسلم فلانا وأخرج عمر فلانا (رواه البخاري

 

“Dari Ibnu Abbas ra. berkata, bahwasanya Rasulullah Saw melaknat mutakhannitsin (laki-laki yang menyerupai perempuan) dan mutarajjilat (perempuan yang menyerupai laki-laki). Dan beliau bersabda,  ”Keluarkanlah mereka dari rumah-rumah kalian.” Kemudian Rasul mengeluarkan Fulan dari rumah beliau dan Umar juga mengeluarkan Fulan dari rumahnya.

(HR. Bukhari)

 

Dalam riwayat lain disebutkan :

 

عن عكرمة عن ابن عباس رضي الله عنهما قال لعن رسول الله صلى الله عليه وسلم المتشبهين من الرجال بالنساء والمتشبهات من النساء بالرجال

(رواه البخاري)

“Dari Ikrimah dan Ibnu Abbas ra. berkata, bahwa Rasulullah Saw melaknat laki-laki yang menyerupai perempuan dan perempuan yang menyerupai laki-laki.”

(HR. Bukhari)

Dari hadits di atas dapat ditarik pengertian, bahwa laki-laki yang menyerupai wanita dan wanita yang menyerupai laki-laki, mereka adalah sama-sama mendapatkan laknat. Dan dewasa ini banyak sekali kita melihat dalam berbagai tayangan televisi, kaum laki-laki yang bergaya, berbicara, berdandan, berpakaian serta berkebiasaan seperti perempuan. Serta hal tersebut dianggap biasa dan tidak apa-apa. Padahal hal tersebut merupakan perbuatan terlaknat. Maka bisa jadi bukan hanya pelakunya saja yang dilaknat, namun yang menyaksikannya pun bisa juga ikut terlaknat.

WallahuA’lam.