sholat bawa hpAssalamualaikum. Bapak Kiai Qohwanul Adib yang kami hormati. Saya mau bertanya, bagaimana hukumnya jika kita sedang sholat membawa Ponsel/HP yang dimasukkan dalam kantong atau saku dan tidak di nonaktifkan? Atas jawabannya saya sampaikan terima kasih. (Abdullah, Surabaya)

Jawaban :

Wa’alaikumsalam. Saudara Abdullah yang semoga dirahmati Allah swt. Perlu dipahami bahwa Sholat adalah sarana pendekatan diri seorang hamba pada Tuhannya. Tingkah kekhusyukan dalam ibadah sholat merupakan hal penting yang sangat dianjurkan. Karenanya, segala hal yang berpotensi mengganggu konsentrasi dalam sholat, sunah untuk dihindari.

Dari pertanyaan saudara, keberadaan ponsel yang berbunyi (entah karena menerima sms atau telepon) ketika di tengah-tengah sholat dan memungkinkan adanya tasywis (gangguan konsentrasi) pada diri sendiri, atau mungkin menimbulkan tasywis pada orang lain, maka hukumnya makruh. Bahkan haram bila ada dugaan atau keyakinan menyebabkan tasywis pada orang lain yang melebihi batas kewajaran atau lebih dari sekedar menghilangkan kekhusyukan.

Oleh sebab itu, kami menyarankan lebih baik ketika melakukan sholat saudara sebaiknya menonaktifkan HP atau menaruhnya di tempat yang aman. Apabila jika saudara sholat dalam keadaan berjamaah di mushola atau masjid.

Sebagai catatan, tasywis adalah segala sesuatu yang menyebabkan terganggunya konsentrasi (kekhusyu’an) orang yang sedang sholat.

(Referensi : Nihayatul Zain [1]:80, At-Tarmasi [2]:396-397, Hawasyi Asy-Syarwani [4]:61)