syaih-muharram

Syaikh Muharram saat menyampaikan tausiyah

LANGITAN- Menyambut pergantian tahun baru umat Islam 1 Muharram 1435 H. Kali ini Ponpes. Langitan mengadakan pengajian umum di Musholla Agung pp. Langitan, Senin (4/11). Acara ini mulai dilaksanakan seusai jama’ah Isya’ dengan pra acara persembahan lantunan sholawat dari grup al Muqtashida.

Dalam acara tersebut hadir Syaikh Muharrom bin Ahmad bin Abdur Roziq bin Muharrom, seorang pengajar dari universitas Al Azhar, Mesir -yang saat ini mengajar di Ponpes an Nur Malang-  yang berkesempatan memberikan tausiyahnya kepada para santri.

Dalam tausiyahnya beliau menyampaikan beberapa keistimewaan yang terdapat dalam bulan Muharrom. Diantaranya adalah bulan Muharrom merupakan salah satu dari empat bulan mulia yakni, Dzulqo’dah, Dzulhijah, Muharrom dan Rajab. Selain itu di bulan Muharrom terdapat  hari Asyuro, yang akan dilebur dosa selama setahun yang telah lewat bagi orang yang menjalankan puasa di hari tersebut.

Suasana perlombaan Sepak Takraw di halaman Madrasah Alfalahiyah

Suasana perlombaan Sepak Takraw di halaman Madrasah Alfalahiyah

Selain itu Tausiyah juga disampaikan oleh KH. M. Yamin Mu’allim pengasuh Ponpes Al-Barokah Gilang Babat Lamongan. Acara kemudian ditutup dengan pembacaan doa oleh KH. Abdurrahman Faqih

Dalam memperingati tahun baru Hijriyah ini Ponpes Langitan juga mengadakan berbagai macam event yang dipersembahkan untuk para santri. Diantaranya adalah lomba sepak Takrow dan tarik Tambang antar asrama, pameran foto-foto dan benda bersejarah dan pemutaran film layar lebar di halaman madrasah Al Falahiyah.

oleh Istahilagi