Langitan- Jumat 30 Agustus 2013
Sekitar pukul 08:00 WIS test tertulis bagi santri baru dimulai, test ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan Santri/Siswa baru untuk masuk kelas yang diinginkan. Materi test yang diujikan adalah Nahwu, Shorof, Fiqih dan tauhid. Ada 7 Majelis (tempat) yang disediakan dalam test tersebut. Kesemuanya diisi oleh para peserta test sesuai dengan angkatan kelas yang telah ditentukan.

Test Santri BaruTest ini berlansung sampai pukul 11:00 WIS dan dilanjutkan kembali malam harinya untuk test baca kitab dan muhafadhoh(test lisan). Selanjutnya mereka akan diberi beberapa pertanyaan seputar Nahwu, Tashrif, pemahaman dan lain-lain. kitab yang dibaca adalah Mabadi’ Fiqih untuk kelas 2 dan 3 MIF, Taqrib kelas satu Tsanawiyah, Fathul Qorib untuk kelas II dan III Tsanawiyah, dan beberapa kitab lain sesuai dengan kitab yang diajarkan di tiap tingkatan.

Sedangkan untuk kategori Muhafadhoh, fasal yang harus dihafalkan sesuai dengan ketentuan penguji. peserta kemudian akan diberi beberapa pertanyaan mengenai maksud dari nadhom yang ia hafalkan. Adapun kitab nadhom adalah Amsilatut Tasrif untuk kelas 2 dan 3 MIF, Imrithi dan Maqsud untuk kelas I Tsanawiyah, Alfiyah untuk kelas II dan III Tsanawiyah dan beberapa kitab lain sesuai dengan tingkatan kelas. Semoga dengan adanya test semacam ini bisa menghimbau para santri agar semakin semangat dalam belajar.