Salah seorang santri tengah mensolder komponen Radio

Salah seorang santri tengah mensolder komponen Radio

Langitan. Sebuah aktifitas yang bisa dibilang berbeda dari aktifitas santri pada umumnya, ternyata  juga digeluti oleh santri Ponpes. Langitan. Yah, setidaknya sebagian dari para santri banyak yang meminati aktifitas tersebut. Itulah sebabnya para anggota Lab. IPA (Sains) semakin bersemangat mengadakan praktek-praktek yang berhubungan dengan Sains kepada para santri.

Tepatnya pada hari selasa (04/06/13) Para anggota Lab. IPA kembali mengadakan praktek -yang pada waktu itu- bertemakan perakitan Radio FM di Laboratorium IPA. Di dalam ruangan tersebut para santri Terlihat berantusias memperhatikan keterangan dari kakak senior. Pertama, mereka diberi tahu tentang beberapa komponen yang ada dalam Radio FM, sekaligus fungsi-fungsinya. Setelah itu mereka ditunjukan bagaimana memasang komponen-komponen tersebut. Semua dilakukan dengan begitu teliti, mulai dari pemasangan Trafo, Elco, Dioda, FM Tunner, Master Mixer/Potensio dan sampai pada penyaluran kabel output ke Spiker. Terlihat ekspresi senang pada wajah para santri setalah terdengar suara saluran FM dari Radio yang berhasil mereka rakit. Dan setelah itu mereka mulai mengajukan beberapa pertanyaan seputar perakitan Radio kepada kakak senior.

Antusias para santri melihat perakitan Radio FM

Antusias para santri melihat perakitan Radio FM

Praktek ini adalah salah satu kegiatan yang mereka adakan khususnya dalam bidang Fisika. Sebelumnya juga telah diadakan praktek-praktek lain. Diantaranya adalah praktek dalam bidang Biologi seperti tes darah dan bidang Kimia seperti pembuatan sampo, pembuatan sabun colek, filterisasi air, proses katalis pada Gula dll. ketiga bidang inilah yang selama ini digeluti oleh para anggota Lab. IPA. Dan sebenarnya, kegiatan praktek semacam ini telah dijadwalkan dalam dua minggu sekali. Akan tetapi karena seringnya berbenturan dengan kegiatan santri yang lain, akhirnya jadwal praktek ini pun kurang begitu maksimal.

Sudah dua tahun semenjak diresmikannya Lab. IPA kegiatan ini terus mengalami perkembangan. Sebenarnya, tidak hanya kegiatan praktek IPA saja yang dilakukan di Laboratorium ini. Dalam waktu tertentu kegiatan pelatihan ilmu Falaq –khusus bagi santri Aliyah- juga dilakukan di tempat ini. Diharapkan dengan adanya kegiatan semacam ini bisa memberi semangat para santri agar tidak hanya belajar dalam satu bidang agama saja. Melainkan juga dalam bidang lain seperti Sains dan Astronomi. Sehingga dengan begitu mereka akan menghilangkan asumsi miring masyarakat terhadap para santri dan membuktikan bahwa santri tidak hanya bisa baca kitab kuning.