para peserta saat mengikuti kirab pembukaan

para peserta saat mengikuti kirab pembukaan

Langitan- Sebuah kompitisi tahunan kembali digelar di Ponpes. Langitan, kamis 23 Mei 2013 M. seluruh  peserta yang sudah dipersiapkan satu minggu sebelumnya sudah mulai bersiap untuk mengikuti kirab pembukaan di halaman Madrasah Al Falahiyah. Tepatnya seusai jamaah Isya’ -yang pada malam itu sengaja dijadwalkan lebih Awal- acara pembukaan M2QK tersebut dimulai dengan begitu hidmat dan disaksikan langsung oleh seluruh santri.

Acara dimulai dengan penampilan para peserta yang diarak di halaman Madrasah Al Falahiyah. Kemudian disusul dengan penancapan bendera dari masing-masing Ribath (Asrama). Setelah itu secara tertib dilanjutkan dengan pelantunan lagu Indonesia Raya dan Mars Al Falahiyah, sambutan-sambutan, Mau’idhotul Hasanah oleh KH. Abdullah Habib Faqih dan terakhir pembukaan secara simbolis dengan pemotongan seutas tali oleh Yai Dullah, panggilan KH. Abdullah Habib Faqih.

Musabaqoh Dan Muhafadhoh  Qiro’atil Kutub (M2QK) ini merupakan perlombaan yang digelar di Ponpes Langitan setiap tahunnya. Ada dua katagori yang dilombakan yakni Muhafadhoh dan Baca Kitab. Dalam hal ini pesarta dibedakan dari beberapa angkatan kelas yang kesemuaanya bersaing untuk membawa Ribath mereka meraih juara umum. Lomba ini pun diikuti oleh sepuluh ribath yakni Ribath Al Ghozali, As Syafi’i, Al Maliki, Al Hanafi, Al Hambali, Al Bukhori, Al Muslim, Al Asy’ari, Darul Ghuroba’ dan Darut Tauhid namun untuk Ribath Darut Tauhid pesertanya tidak diikutkan dalam persaingan karena kesemuanya dari tingkatan Aliyah dan hanya bersaing dengan lawan sesama komplek. Diharapkan dengan adanya perlombaan seperti ini bisa menambah semangat para santri untuk saling bersaing dalam kebaikan.