Setelah fakum beberapa bulan lamanya, kali ini Forum Kajian Jurnalistik Dan Sastra (FKJS) kembali bangkit dengan beberapa personalia kepengurusan yang baru. Tepatnya hari  Jum’at,22 Maret 2013 M. pukul 08:30 WIS organisasi yang mewadahi sekaligus mengembangkan potensi kepenulisan para santri ini membuka pelatihan perdananya di jerambah Ribath Al Ghozali.

para peserta  saat pelatihan berlangsung

para peserta saat pelatihan berlangsung

Dalam pelatihan tersebut, para peserta diberi materi pengenalan tentang apa itu jurnalistik dan sastra, sekaligus tentang sejarah FKJS yang telah berdiri sejak tahun 2004 silam. Untuk pertemuan selanjutnya mereka akan diberi  materi tentang pengertian dan bagaimana model kepenulisan fiksi ataupun non fiksi seperti cerpen, opini, artikel, novel, berita dan lain sebagainya.

Ada beberapa perubahan dalam program pelatihan kepenulisan yang digelar dalam priode tahun ini, diantaranya adalah tempat pelatihan –yang pada tahun sebelumnya berada di salah satu ruang kelas madrasah Tsanawiyah- tersebut dilokasikan secara bergilir di seluruh Ribath, peserta didominasikan untuk beberapa tim redaksi Majalah Dinding (MADING) dari seluruh Ribath, waktu pelatihan yang sebelumnya dilakukan setiap malam jum’at, kali ini di laksanakan pada setiap jum’at pagi dan beberapa perubahan lain dalam proses pelatihan. Selama pelatihan peserta diharapkan bisa menyerap dengan baik  materi yang disampaikan sang tutor agar bisa menjadi seorang penulis yang handal dan berbakat.