Ilmu agama memang tidak pernah akan ada habisnya untuk dikaji dan ditelaah seiap hari. Semakin sering ilmu tersebut dipelajari, semakin banyak ilmu-ilmu baru yang diperoleh. Dan tidak dipungkiri, semakin banyak pula permasalahan baru yang muncul. Itulah mengapa diskusi perlu dilakukan. Agar masalah yang musykil bisa terpecahkan bersama, tentunya dengan ta’bir-ta’bir yang dapat dipertanggungjawabkan.

Salah satu diskusi yang biasa dilakukan para santri adalah bahtsul masa’il. Setelah sebelumnya acara tersebut sukses digelar oleh organisasi siswa yang bernama ISMA, kali ini acara tersebut diselenggarakan kembali oleh Lembaga Bahtsul Masa’il (LBM) selasa 18 Desember 2012 di Aula dalam PP. Langitan.

para peserta bahtsul masa'il saat acara sedang berlangsung

para peserta bahtsul masa’il saat acara sedang berlangsung

Acara dimulai setelah jama’ah Maghrib dan selesai hingga pukul 01.30 WIS. Adapun para peserta diusung dari utusan seluruh Ribath (asrama), utusan dari setiap kelas tingkatan Tsanawiyah, dua utusan dari PP. Gilang dan utusan tertentu dari siswa tingkatan Aliyah. Ada dua mushohih dan empat perumus yang turut menggerakkan jalanya bahsul masa’il tersebut.

diharapkan dengan diselenggarakanya acara bahtsul masail tersebut, bisa menambah ilmu para santri tentang jawaban dari persoalan-persoalan yang dewasa ini muncul dalam ilmu agama.