Keluarga santri dan alumni pondok Pesantren Langitan (KESAN ) mengadakan Munas Nasional Ke 3 pada hari sabtu tanggal 30 April 2011. acara dimulai tepat pukul 08.00 WIB. Pada pembukaan Munas Kesan ini dihadiri oleh Pengurus Kesan se Indonesia. dalam pembukaan munas ke 3 ini dibuka langsung oleh Beliau Hadratus Syaikh KH. Abdullah Faqih di aula Pondok Pesantren Langitan. gema pembacaan kalam ilahi sebagai pemula rangkaaian acara yang dibacakan oleh Ust. As’ad dan diteruskan dengan sambutan pengurus KESAN pusat oleh KH. Ihya’ ulumuddin. Dalam sambutanya beliau mengulas kembali tentang berdirinya Kesan.

KESAN berdiri pada tahun 2002 tepatnya 12 sofar 1423 H. adalah perwujudan dari murobathoh yang diperintahkan oleh Alloh Swt. kelahiran KESAN sebagai bentuk murobathoh insya’alloh akan menjadikan kita orang – orang yang beruntung orang – orang yang berhahagia disaat zaman terus bergulir dengan sekian banyak ujian – ujian yang menggerus agama kita. Sampai Rosululloh bersabda “ akan terjadi ujian – ujian agama sampai – sampai orang yang santun merasa bingung”. Akan tetapi insya’alloh ada orang – orang yang tidak bingung selama ada murobathoh. Sedang murobathoh kita adalah dengan guru kita dan dengan pesantren kita. Inilah kelahiran kesan dan perlu disebut bersama”.

Kesan telah berdiri selama Sembilan tahun, dan pada munas kali ini merupakan munas yang ke 3. Pada munas Nasional Ke 3 ini diharapkan dapat merajut Ukhuwah serta kebersamaan dalam rangka mewujudkan murobathoh.

Kemudian sambutan kedua disampaikan oleh Beliau KH. Ubaidillah Faqih mewakili dari pada Majelis Masyayikh. Harapan beliau mewakili Majelis Masyayikh adalah meminta kepada para Alumni untuk lebih mewarnai di tengah – tengah lingkungan masyarakat sebagai orang yang pernah mengenyam pendidikan di Pondok Pesantren Langitan. pada rangkaian acara yang terakhir pembacaan do’a sekaligus dibukanya Munas Nasional ke 3 secara simbolis oleh beliau KH. Abdullah Faqih dan dilanjutkan dengan dimulainya Musyawaroh Nasional ke 3 di Gedung Kesan yang berjarak sekitar 100 Meter dari Pondok Pesantren langitan